Home TANGERANG HUB Damkar Miliki Mobil Tangga, Mampu Angkat 5 Petugas Jangkau Api di Ketinggian...

Damkar Miliki Mobil Tangga, Mampu Angkat 5 Petugas Jangkau Api di Ketinggian 37 Meter

0
SHARE
SARANA BARU: Petugas mengecek kelengkapan alat yang ada di mobil tangga milik Damkar Kota Tangsel, kemarin. FOTO: DPKP Tangsel for Tangerang Ekspres

SERONG-Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tangsel terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kesiapsiagaan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Salah satunya dengan membeli mobil pemadam kebakaran yang dilengkapi tangga setingga 37 meter.

Kepala DPKP Kota Tangsel Uci Sanusi mengatakan, pertumbuhan pembangunan di Tangsel dengan jenis bangunan vertikal begitu pesat. Sehingga DPKP menyiapkan peralatan dan sarana pendukung dalam mengantisipasi bila terjadi bencana di tempat-tempat yang tinggi.

“Maka diperlukan mobil damkar yang dilengkapi tangga. Desember lalu mobil tangga ini sudah kita terima dengan tangga mencapai 37 meter,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (1/1).

Uci menambahkan, mobil tangga tersebut saat ini disimpan di Posko Damkar di Alam Sutera. Mobil tangga itu dilengkapi sistem hidrolik untuk merangkai tangga satu dengan tangga lainnya. “Mobil tangga ini besarnya sekelas truk Fuso Scania tanki airi yang kita miliki,” tambahnya.

Masih menurutnya, pada ujung tangga terdapat kotak besi yang bisa menampung 5 orang atau petugas damkar. Mobil tersebut sudah dilengkapi dengan tangga, selang dan pompa air. “Di kotak besi juga sudah ada nozel, jadi mempermudah petugas saat melakukan pemadaman,” jelasnya.

Mantan kepala BPDB Tangsel tersebut mengungkapan, mobil tangga tersebut saat ini belum bisa digunakan lantaran personel yang akan mengoperasikannya belum mendapat pelatihan dari pihak terkait. Minggu pertama Januari 2019 rencananya baru akan dilakukan pelatihan.

Dengan adanya mobil tangga tersebut, menurut Uci peralatan yang dimiliki Damkar Tangsel makin lengkap. “Saat ini kita sudah punya 13 mobil damkar, 2 mobil tanki air, mobil resqeu, dan ambulans,” tuturnya.

Saat ini gedung pencakar langit di Tangsel tingginya ada yang lebih dari 37 meter. Ia berharap dengan adanya mobil tangga tersebut bisa meminimalkan kerugian akibat kebakaran yang terjadi di gedung tinggi.

Ia berharap, pemilik gedung pencakar langit juga memiliki mobil damkar tangga yang tingginya sesuai ketinggian gedungnya.

“Kita tidak mungkin beli mobil tangga yang tingginya mengukuti gedung pencakar langit yang ada di Tangsel,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here