Home TANGERANG HUB Rempoa Jadi Pusat Oleh-Oleh

Rempoa Jadi Pusat Oleh-Oleh

0
SHARE
PAMERAN PRODUK: Walikota Airin Rachmi Diany didampingi Camat Ciputat mengunjungi stan dalam pameran produk lokal beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Pasar Gintung yang berada di Kelurahan Rempoa akan disulap menjadi pusat oleh-oleh khas Tangsel.

Pembangunannya mulai dilakukan tahun ini. Nantinya, pasar itu khusus untuk pelaku UKM dan IKM memasarkan produknya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tangsel Maya Mardiana mengatakan, Pasar Gintung asetnya merupakan milik Pemkot Tangsel.

“Pasar ini awalnya dua lantai dan akan dibangun menjadi tiga lantai,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (8/1).

Maya menambahkan, detailed engeenering design (DED)-nya sudah jadi dan saat ini proyek pembangunannya sudah mulai dikerjakan. Tahun ini ditarget pembangunannnya selesai dan bisa segera digunakan oleh pelaku UKM dan IKM.

“Nantinya pasar tiga lantai ini akan diisi semua produk-produk UKM dan IKM, jadi kalau ada tamu yang datang ke Tangsel bisa diarahkan ke Pasar Gintung,” tambahnya.

Mantan Direktur RSU Tangsel tersebut menjelaskan, pasar tersebut nantinya akan menjadi icon Tangsel sebagai pusat oleh-oleh seperti daerah lain yang punya ciri khas.

Nantinya, pelaku UKM dan IKM yang mengisi pasar tersebut akan dikenakan tarif sewa yang besarannya sesuai peraturan daerah (perda) dan peraturan walikota (perwal).

Biasanya pasar menjual 9 baham kebutuhan pokok dan pasar tersebut khusus menjual oleh-oleh khas Tangsel. Contohnya kacang Keranggang, dodol Serpong dan lainnya. Pasar tersebut luasnya kurang dari 2.000 meter dan sebelumnya merupakan pasar tradiaional tapi lingkupnya kecil.

“Nantinya selain punya gedung inovation center di BSD City, kita juga punya pasar yang lebih fokus untuk UKM dan IKM dalam memasarkan produknya,” tuturnya.

Pembangunan pusat oleh-oleh tersebut disambut baik warga Tangsel. Noviandi, warga Ciputat Timur mengatakan, sudah saatnya Tangsel memiliki tempat khusus yang menjual oleh-oleh khas kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang tersebut.

“Jadi produk-produk yang dihasilkan dari Tangsel bisa dijual disatu tempat, sehingga tamu yang datang ke Tangsel bisa mendapatkannya dengan mudah,” ujarnya.

Noviandi menambahkan, dengan dijadikannya Pasar Gintung jadi pusat oleh-oleh Tangsel maka diharapkan nantinya bisa meningkatkan taraf hidup warga. “Selain itu pendapatan daerah juga akan meningkat,” tambahnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here