Beranda TANGERANG HUB Tangsel Berkibar siap Wujudkan “Serbuk”

Tangsel Berkibar siap Wujudkan “Serbuk”

1
BERBAGI
FOTO BERSAMA: Kepala Disperindag Tangsel Maya Mardiana bersama Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dahlia Nadeak foto bersama pengurus Koperasi Tangsel Berkibar Tasrudin di Pamulang, Selasa (8/1). FOTO: Tri Budi/Tangerang Ekspres

PAMULANG-Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak dan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tangsel Maya Mardiana meresmikan berdirinya “Koperasi Tangsel Berkibar” di Gerai IKM E-Smart Pamulang, Selasa (8/1).

Ketua Koperasi Tangsel Berkibar Tasrudin mengatakan, dibentuknya koperasi tersebut karena ingin memiliki payung hukum atau legalitas yang jelas.

“Sebelum Koperasi Tangsel Berkibar terbentuk kita (Tangsel Berkibar) merupakan komunitas dari pelaku IKM dan UKM yang ada di Tangsel,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (8/1).

Tasrudin menambahkan, selama Tangsel Berkibar memiliki komunitas dengan hampir 900 orang dan telah berusia satu tahun 30 Novembel lalu. Menurutnya, tujuan awal berorganisasi untuk membantu teman-teman yang ingin punya legalitas akan produk yang dimiliki, mulai dari merek, PIRT, BPOM, halal dan lainnya.

Dengan jumlah anggota komunitas yang dimiliki Tasrudin akan menarik mereka dan disarankan masuk menjadi anggota koperasi.

“Kita diberi tantangan oleh Dinas Koperasi dan UKM untuk bentuk satu koperasi seribu UKM (Serbuk) dengan anggota sekitar 900. Tahun ini saya yakin serbuk bisa tercapai,” tambahnya.

Untuk mewujudkan serbuk, Tasrudin menjelaskan akan menjalankan program mengenal anggota sehingga mau masuk menjadi anggota koperasi. “Anggota komunitas kita 90 persen kuliner dan disasanya craft,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak mengatakan, Tangsel Berkibar merupakan koperasi ke 539 yang diresmikan di Tangsel. Sampai saat ini belum ada koperasi yang mencapai program serbuk yang digaungkan dinas.

“Sampai sekarang satu koperasi baru sampai 500an UKM. Makanya Koperasi Tangsel Berkibar saya tantang untuk jadi yang terbaik dan bisa pecahkan serbuk pertama karena sampai saat ini belum pecah telur,” ujarnya.

Dahlia menambahkan, tantangan yang dihadapai koperais kedepan banyak. Dari sisi keanggotaan adalah komitmen anggota, rata-rata semangatnya awal dan selanjutnya kendor.

“Saya berharap koperasi ini jadi pilot projek untuk koperasi lain yang tidak menggebu-gebu diawal saja tapi, kedepan jadi pensuplai kebutuhan anggotanya, serta jadi solusi permasalahan ekonomu anggotanya,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Tangsel Maya Mardiana mengatakan, koperasi meerupakan gerbong atau kereta agar anggotanya maju lebih cepat namun, ada aturan yang harus dilalui. “Mudah-mudahan tahun ini Koperasi tangsel Berkibar bisa lebih berkibar lagi,” ujarnya.

Maya menambahkan, Disperindag dan Dinas Keoperasi dan UKM telah membina UKM dan IKM. Sehingga mereka memiliki kendaraan untuk lebih maju lagi. Dengan dibentuknya koperasi diharapkan tidak ada masalah tapi, justru menjadi solusi ekonomi anggotanya.

“Indag fungsinya membina dari sisi kualiti produk, menghasilkan sesuatu dan agar produk terjaga maka perlu modal. Makanya diintervensi oleh Dinas Koperasi dan UKM dengan bentuk koperasi agar bisa mendapat permodalan dari perbankan,” tuturnya. (bud/esa)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here