Home TANGERANG HUB Penyuluh Dibekali Ilmu Kesehatan Reproduksi

Penyuluh Dibekali Ilmu Kesehatan Reproduksi

1
SHARE
SAMBUTAN: Kabid Kesehatan pada Dinkes Kota Tangsel Iin Sofiawati memberikan sambutan kepada penyuluh calon pengantin, di Aula Blandongan, Balai Kota, Selasa (29/1). FOTO: Humas Tangsel for Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Dinas Kesehatan Kota Tangsel menggelar penyuluhan kesehatan reproduksi kepada penyuluh calon pengantin kantor urasan agama (KUA) di Kota Tangsel.

Penyuluhan yang dilakukan di Aula Blandongan, Balai Kota tersebut diikuti penyuluh dari bidang koordinator puskesmas, IMI ranting dan cabang, kader PKK dan kepala KUA.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel Iin Sofiawati mengatakan, penyuluh kesehatan bagi calon pengantin memiliki peran penting untuk membuat masyarakat hidup sehat, khususnya soal reproduksi.

“Kita sudah MoU dengan Kemenag Tangsel jika tiap ada calon pengantin, akan diberikan penyuluhan kesehatan yang dilakukan satu minggu atau sebulan sekali di kantor KUA,” ujarnya, kepada Tangerang Ekspres, Selasa (29/1).

Iin menambahkan, penyuluhan kesehatan tersebut mulai dari reproduksi remaja, pemberian tablet tambah darah, ibu hamil harus diperiksa berapa kali, sampai implementasi 1.000 hari pertama kehidupan.

Dinkes juga melayani imunisasi tetanus toxoid (TT), ibu hamil diimunisasi ini supaya saat melahirkan tidak kena tetatus. “Ini salah cara untuk kurangi angka kematiaan bayi dan ibu,” tambahnya.

Untuk memberi pemahaman yang benar kepada calon pengantin, makanya diperlukan penyuluhan bagi penyuluhnya. Yakni, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan reproduksi dan seksual bagi calon pengantin.

Petugas kesehatan puskesmas dan jaringannya bisa memberikan komunikasi informasi dan edukasi (KIE), kesehatan reproduksi dan seksual bagi calon pengantin.

“Diharapkan petugas kesehatan di puskesmas dan jaringannya bisa berkoordinasi dengan lembaga keagamaan dan instansi terkait dalam memberikan KIE, kesehatan reproduksi dan seksual bagi calon pengantin,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, calon pengantin merupakan kelompok sasaran yang strategis dalam upaya peningkatan kesehatan masa sebelum hamil.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here