Home TANGERANG HUB Pemkot Butuh 10 Ribu Linmas, Amankan Wilayah hingga Tingkat RT

Pemkot Butuh 10 Ribu Linmas, Amankan Wilayah hingga Tingkat RT

0
SHARE
SOSIALISASI: Satpol PP Kota Tangerang sosialisasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di ruang Akhlakul Karimah bersama Bawaslu, KPUD serta perwakilan dari Polrestro Tangkot, Selasa (12/2). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Satpol PP melakukan sosialisasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di ruang Akhlakul Karimah, Selasa (12/2).

Sosialisasi dihadiri para camat dan lurah se-Kota Tangerang . Nantinya Satlinmas akan dibentuk hingga tingkat RW dalam rangka menjaga keamanan serta kenyamanan wilayah.

Menurut Walikota Arief R Wismansyah, wilayah Kota Tangerang harus mempunyai Satlinmas untuk bisa mencegah terjadinya keresahan serta berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Selain itu juga, dengan adanya Satlinmas wilayah, Kota Tangerang bisa aman dan terkendali.

“Peran masyarakat  sangat dibutuhkan untuk bersama-sama berkolaborasi dalam menciptakan keamanan, ketentraman dan kenyaman di wilayahnya. Sebentar lagi pesta demokrasi, masyarakat harus lebih cerdas menghadapi pemilu,” ujarnya.

Terpisah Kasatpol PP Kota Tangerang Mumung Nurwana menuturkan, sosialisasi Satlinmas dilaksanakan susuai dengan peraturan Permendagri Nomor 84 tahun 2014 tentang Perekrutan Warga untuk menjadi anggota Satlinmas di kelurahan yang nantinya dipimpin langsung lurah sebagai kepala satuan. Hal tersebut bertujuan terciptanya rasa aman, nyaman dan tentram yang bisa dirasakan masyarakat.

“Setiap RW akan memiliki Satlinmas yang akan diseleksi oleh lurah. Selanjutnya diajukan kepada walikota, lalu dikukuhkan dengan Surat Keputusan (SK) Walikota serta dilantik Kasatpol PP,”ungkapnya.

Mumung mengatakan, akan turun langsung melakukan perekrutan agar Satlinmas cepat terbentuk. Mengingat Pemilihan Umum (Pemilu) sudah semakin dekat.

“Dalam waktu dekat kami akan membentuk Satlinmas ini. Karena nanti pada saat Pemilu akan membutuhkan 10 ribu anggota Satlinmas untuk pengamanan TPS. Tetapi untuk kedepan Satlinmas ini untuk menjaga lingkungan di tingkat RW dan RT yang ada di Kota Tangerang,”pungkasnya.

Tidak hanya sosilaisasi Satlinnmas, seluruh aparatur wilayah juga dibekali ilmu untuk bisa menjaga ketertiban di lingkungannya dalam menghadapi tahun pemilu.

Melalui sosialisasi yang disampaikan oleh berbagai narasumber yang mumpuni dalam bidangnya. Diantaranya, Edi Cahyono Kasubdit Linmas Kemendagri, Anzis Yunianto Kabid Linmas Bangtas Satpol PP Provinsi Banten, Iptu Ruri Hadi, Kanit Kamsa Satbinmas Polres Metro Tangerang Kota, Ahmad Syailendra Ketua KPUD Kota Tangerang dan M. Agus Muslim Ketua Bawaslu Kota Tangerang. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here