Home TANGERANG HUB Autodebit Mudahkan Bayar BPJS Kesehatan

Autodebit Mudahkan Bayar BPJS Kesehatan

1
SHARE
KOMPAK: Para pegawai BPJS Kesehatan Tangerang foto bersama usai memberikan keterangan kepada wartawan terkait layanan autodebit pembayaran iuran peserta. FOTO: Abdul Majid/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Bayar iuran BPJS Kesehatan bisa autodebit. Selain memudahkan, pembayaran dengan sistem otomatis mencegah

dari keterlambatan bayar. Karena setiap bulan sudah pasti terdebet dari rekening bank milik peserta.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Kota Tangerang Elfanetti, penerapan autodebit untuk menjaga ketertiban pembayaran iuran peserta.

Menurutnya, adanya fasilitas pembayaran melalui autodebit upaya BPJS Kesehatan menjawab masukan dan keluhan dari peserta. Banyak peserta yang lupa membayar iuran sehingga menunggak sampai nonaktif.

“Pelaksanaan autodebit bagi peserta BPJS Kesehatan juga semakin memudahkan peserta karena tidak perlu repot antre di bank maupun channel pembayaran setiap bulannya,”ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (22/2).

Elfanetti menjelaskan, mekanisme pendaftaran autodebit bagi peserta baru dan perubahan data dapat dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan. Peserta dan calon peserta JKN-KIS tinggal mengisi form kesediaan membayar iuran melalui autodebit dari bank yang bekerjasama yang telah dititipkan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Peserta harus pastikan nomor rekeningnya benar sehingga tidak terjadi salah pendebitan.

Elfanetti menambahkan, seluruh peserta yang sebelumnya sudah terdaftar dapat menggunakan fasilitas autodebit demi kenyamanan peserta sendiri.

“Untuk peserta yang saat ini sudah terdaftar dan masih belum menggunakan metode autodebit, akan terus kita edukasi. Karena ini bisa mempermudah para peserta untuk terus menggunakan kartu BPJS,” sebutnya.

Elfanetti memaparkan, sampai 21 Februari 2019 capaian kepesertaan di wilayah Kota Tangerang sudah mencapai 1.629.341 jiwa. Sedangkan di Kota Tangerang Selatan sebanyak 1.397.721 jiwa.

Untuk memberikan layanan kepada seluruh peserta JKN-KIS tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Tangerang telah bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama sebanyak 197 serta  Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut sebanyak 51 rumah sakit dan klinik utama  di seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tangerang. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here