Home TANGERANG HUB Ibu Berperan Seimbangkan Konsumsi Gizi Keluarga

Ibu Berperan Seimbangkan Konsumsi Gizi Keluarga

1
SHARE
PRAKTIK: Warga mengikuti sosialisasi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) di Kampung ternak Al-Manah, Serpong, Senin (25/2). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel menggelar sosialisasi pangan, beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA). Acara digelar di Kampung ternak Al-Amanah, Serpong, Senin (25/2).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tangsel, Nur Selamet, menjelaskan, penganekaragaman pangan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan menuju kemandirian dan kedaulatan pangan.

“Salah satu strategi untuk mewujudkan perbaikan konsumsi pangan masyarakat agar beragam, bergizi seimbang dan aman adalah melalui upaya peningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penganekaragaman konsumsi pangan B2SA.”ungkapnya.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, M Faridzal G, mengatakan, implementasi konsumsi pangan yang memenuhi prinsip B2SA dalam keluarga dilakukan melalui pemilihan bahan pangan dan penyusunan menu.

Kualitas konsumsi dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi. Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan B2SA tersebut perlu disosialisasikan sampai pada tingkat terkecil kelompok masyarakat, yaitu keluarga.

Dalam suatu keluarga, ibu yang berperan sebagai penentu dan penyedia menu keluarga dan memegang peranan penting terhadap kualitas konsumsi pangan setiap individu dalam keluarganya.

Kepala Seksi Konsumsi dan Keanekaragaman Pangan, Suryadi, menjelaskan, sosialisasi ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdri dari tujuh kecamatan yang ada di Tangsel.

“Kegiatan ini untuk membangkitkan perekonomian dan menyehatkan anak-anak, nantinya kegiatan ini akan dilombakan ditingkat kota,” singkatnya. (mol/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here