Home NASIONAL Tangani Karhutla, Hujan Buatan Disiapkan

Tangani Karhutla, Hujan Buatan Disiapkan

0
SHARE
KARHUTLA: Sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Babinsa, dan kepolisian berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, Riau. FOTO: Antara/Aswaddy Hamid

Jakarta — Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan 17 ton garam untuk membuat hujan buatan untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Teknologi modifikasi cuaca (TMC) dilakukan terkait dengan siaga darurat karhutla.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan selain untuk memadamkan api, modifikasi cuaca berupa hujan buatan dilakukan untuk mencegah timbulnya kabut asap. Hammam mengatakan BPPT berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) TNI Angkatan Udara untuk membuat hujan buatan ini. Garam akan ditebar menggunakan pesawat Cassa 212 milik TNI AU. Dalam sekali terbang, Cassa 212 mampu mengangkut 800 kilogram garam. Untuk tahap awal, modifikasi cuaca akan digelar pada Februari dan Maret.

Dilansir dari Antara, Hammam mengatakan sejak Februari lalu, sudah sekitar lima ton garam yang digunakan untuk menyemai awan di Bengkalis dan Dumai. Untuk tahap selanjutnya akan fokus di Pelalawan dan Meranti.

Ia mengatakan, pantauan satelit Terra/Aqua dan SNPP sejak 1 Januari hingga 27 Februari 2019 k total titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen di Riau jumlahnya mencapai sebanyak 293 titik.

“Dengan memperhatikan kondisi hotspot tersebut, pemanfaatan teknologi modifikasi cuaca ini adalah salah satu langkah paling efektif dalam rangka siaga darurat kebakaran hutan dan lahan,” kata Hammam di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (4/3).

Hammam mengatakan hujan buatan ini juga dilakukan untuk mengoptimalkan potensi awan menjadi hujan untuk pembasahan lahan-lahan gambut dan pengisian embung-embung penampungan air. Dengan begitu diharapkan kebakaran hutan dan lahan bisa dikendalikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here