Home TANGERANG HUB Seleksi Pertukaran Pemuda, Ajang Pencarian Anak Muda Terbaik

Seleksi Pertukaran Pemuda, Ajang Pencarian Anak Muda Terbaik

1
SHARE
SELEKSI PEMUDA: Puluhan pemuda se-Kota Tangerang ikut seleksi pertukaran pemuda antar daerah yang digelar Dsipora di Gedung Off Room Cisadane, Sabtu (16/3). FOTO: Abdul Madjid/Tangerang Ekspres

TANGERANG  – Puluhan anak muda Kota Tangerang unjuk kualitas diri di ajang seleksi Pertukaran Pemuda yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Sabtu (16/3). Mereka bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik agar lulus mewakili Kota Tangerang ke seleksi pemuda tingkat Provinsi Banten.

Sebelum seleksi dimulai, puluhan anak muda yang didominasi mahasiswa ‘disuntik’ semangatnya oleh Walikota Arief R Wismansyah yang membuka acara.

Pada kesempatan itu, Arief menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tangerang berkepentingan terhadap kemajuan pemuda. Dirinya menginginkan pemuda Kota Tangerang mau menggali potensi diri agar masa depannya bisa sukses.

“Orang sukses adalah dia yang sudah bersaing dan berjuang dengan kehidupannya untuk meraih kesuksesan. Kalau adik-adik ini mau sukses, ya harus kerjas dan belajar sama orang sukses,” kata Arief penuh semangat.

Di hadapan para peserta, Arief juga memutarkan sejumlah video yang dinilainya sangat menginspirasi untuk bisa berkarya. Diantaranya kisah para Youtuber yang  membuat konten kreatif seperti Bocah Ngapak asal Kebumen dan Pak Ndul.

“Kalau mereka bisa, harusnya kita juga bisa. Makanya youtube jangan cuma ditonton, tapi jadikan inspirasi untuk kita berkarya,” kata Arief.

Untuk membakar semangat para peserta, Arief juga berbagi pengalamannya meraih kesuksesan. Dirinya mengaku sudah hidup mandiri sejak kuliah di Amerika. “Saya memang sejak SMA sudah bisa cari duit sendiri. SMA saya di Jakarta, dulu jual-jual cetakan, kartu undangan dan sebagainya. Sebulan penghasilan saya Rp 3 juta waktu saya SMA,”  akunya.

Arief berharap melalui seleksi pertukaran pemuda, peserta dapat  menunjukkan kualitas terbaik yang dimiliki untuk dapat lolos seleksi. “Jangan disia-siain kesempatan ini, tunjukkan potensi yang dimiliki untuk memberikan yang terbaik,” tukasnya.

Karena pertukaran pemuda, kata walikota,  untuk mengukur seberapa jauh kemampuan dan keterampilan yang dimiliki pemuda Kota Tangerang. “Tujuan utamanya bukan sekadar menjadi pemuda pertukaran tapi bisa jadi pemuda Kota Tangerang yang terbaik,” terang Arief.

Kepala Dispora Kota Tangerang Dedi Suhada menambahkan, pertukaran pemuda merupakan program terintegrasi dengan program Kemenpora. Ada tiga kategori seleksi yaitu pertukaran pemuda antar negara, kapal pemuda nusantara dan jambore pemuda Indonesia.

“masing-masing kategori seleksi akan diambil lima besar untuk mewakili Kota Tangerang pada seleksi di tingkat Provinsi Banten,” kata Dedi.

Menurutnya, seleksi ini selain jadi ajang pembinaan pemuda di bidang bakat dan seni juga menjadi sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan para pemuda.

“Mudah-mudahan lahir pemuda yang bertalenta di ajang seleksi pertukaran pemuda ini. Sehingga membawa nama baik Kota Tangerang di kancah nasional dan internasional,” kata Dedi. (abd)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here