Home PENDIDIKAN SDN Rawakidang Kecamatan Sukadiri, Juara Melukis dan Membatik

SDN Rawakidang Kecamatan Sukadiri, Juara Melukis dan Membatik

0
SHARE
RAIH JUARA: Kepala SDN Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Mucktar (tengah), mendampingi anak didiknya yang meraih juara melukis dan membatik FLS2N SD tingkat Kecamatan Sukadiri, belum lama ini. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

SUKADIRI – Bakat Chaerunnisa di bidang melukis dan Waspiatul Kholilah bidang membatik, SDN Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang memang tak diragukan lagi. Bakat kedua siswa tersebut bidang melukis dan membatik yang didalaminya secara otodidak mulai nampak. Dalam waktu dekat, Chaerunnisa dan Waspiatul, mewakili Kecamatan Sukadiri di ajang kompetisi membatik dan melukis pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Tangerang.

Menjadi perwakilan perwakilan Kecamatan Sukadiri memang tak mudah. Selain ketekunan, bakat juga sangat dibutuhkan untuk meraih prestasi. Mereka didaulat untuk mewakili Kecamatan Sukadiri dalam bidang desain batik setelah berhasil menjadi juara FLS2N desain batik dan melukis SD tingkat Kecamatan Sukadiri.

Saat lomba dengan membuat desain batik dan melukis, mereka mampu mengalahkan seluruh peserta perwakilan dari masing-masing SD baik negeri maupun swasta di Kecamatan Sukadiri.

Waspiatul mengaku, belajar membatik menggunakan canting sudah ia tekuni sejak masih duduk di kelas 4 SD. Mulanya, tidak diperkenankan ikut membatik oleh ibunya lantaran, dianggap membatik itu membutuhkan keterampilan khusus dan ketelatenan.

“Pertama mau membatik ragu-ragu, katanya susah dan harus telaten. Lama-kelamaan saya bisa dan akhirnya kelihatan bagus hasilnya,” ujar Waspiatul. Ia sangat bersyukur dengan keberhasilan menjadi yang terbaik dalam perlombaan membatik tersebut. Ia meyakini, jika apa yang sudah dilakukanya akan menjadi inspirasi bagi teman-temanya untuk belajar membatik.

“Batik itu kan asli Indonesia, jadi ya harus dilestarikan. Apalagi di sekolah saya ada ekskul membatiknya, saya harap teman-teman juga mau belajar membatik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SDN Rawakidang, Mucktar, mengaku bangga dengan torehan prestasi yang telah dicapai anak didiknya. Namun, baik Waspiatul maupun Chaerunnisa jangan merasa puas sebelum mampu meraih lomba membatik tingkat Kabupaten Tangerang atau Provinsi Banten yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Untuk itu, Mucktar terus membina anak didiknya agar terus berlatih lebih giat lagi. Mengingat peserta lomba membatik tingkat provinsi apalagi nasional tentunya akan jauh lebih hebat. “Saya minta mereka agar terus berlatih, seusai jam pelajaran sekolah terus digembleng latihan membatik dan melukis,” terang Mucktar. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here