Home TANGERANG HUB Mengunjungi Kampung Anak di Kelurahan Periuk, Tempat Bermain Sekaligus Edukasi Sosial Sejak...

Mengunjungi Kampung Anak di Kelurahan Periuk, Tempat Bermain Sekaligus Edukasi Sosial Sejak Dini

1
SHARE
KAMPUNG ANAK: Kecamatan Periuk membangun kampung anak di RW 09, Kelurahan Periuk, sebagai tempat edukasi dan bermain anak-anak. FOTO: Randy Yastiawan/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Kecamatan Periuk membangun kampung anak. Di kampung ini, anak-anak antara usia 1 sampai 6 tahun  diberi kebebasan berinteraksi dan berkreatifitas.

Kampung anak tersebut berada di RW 09, Kelurahan Periuk. Selain memberikan ruang kepada anak-anak, kampung anak dibangun karena dilandasi rasa prihatin warga yang semakin minim ruang bersosialisasi.

Dibangunnya kampung anak ini juga agar Kota Tangerang bisa kembali meraih kota layak anak yang sebelumnya telah didapatkan pada 2018 lalu.

Camat Periuk Sumardi mengatakan, adanya kampung ini bisa memberikan ruang kepada anak-anak untuk berkespresi dan berkreatifitas. Apalagi, anak usai 1-6 tahun masih aktif dan butuh ruang untuk mereka mengespresikan apa yang menjadi pikirannya.

“Kampung anak bukan hanya sekadar tempat bermain, melainkan ada edukasi yang dilakukan. Seperti perpustakan mini juga dihadirkan agar anak-anak bisa membaca, menggambar atau lainnya sesuai kemampuan mereka,”ujarnya.

Sumardi menambahkan, dibangunya kampung anak sangat berguna untuk membangun mental sosial, tidak egois, dan mau berbagi. Karena di dalam kampung anak tersebut karakter mereka akan bisa diarahkan agar kedepan mempunyai karakter yang baik serta bisa menjadi contoh.

“Di kampung anak, pengurus RW harus memberikan jadwal kegiatan untuk anak-anak. Jangan hanya untuk bermain saja, kegiatan seperti menggambar dan kegiatan lainnya harus dibuatkan. Hal tersebut untuk memancing kreatifitas mereka,”paparnya.

Lanjut Sumardi, kampung anak juga akan dibuatkan di setiap RW yang ada di wilayah Kecamatan Periuk. Hal itu dilakukan untuk memberikan wadah kepada anak-anak agar bisa menuangkan kreatifitas mereka serta mengembangkan bakat pada anak-anak.

“Mudah-mudahan di Rw 09 in sebagai contoh untuk nantinya akan kita bangun disetiap Rw yang ada di Kecamatan Priuk. Karena sesuai intruksi Walikota harus ada kampung anak di masing-masing RW,”tutupnya. (mg-9)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here