Home TANGERANG HUB Petugas PPK Disuntik Vitamin

Petugas PPK Disuntik Vitamin

1
SHARE
CEK TENSI: Petugas KPPS Kecamatan Ciputat diperiksa tensi darah oleh Petugas Kesehatan di sela rekapitulasi hasil pemilu, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

CIPUTAT TIMUR-Untuk memastikan kesehatan petugas PPK sedang melakukan rekapitulasi perhitungan suara dimasing-masing kecamatan Pemkot Tangsel turun tangan. Pasalnya, selama proses perhutungan suara dari tingkat TPS sampai PPS setidaknya di Indonesia ada 119 petugas yang meninggal dunia akibat kelelahan.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, di Tangsel ada satu petugas KPPS yang meninggal dunia akibat kekelahan dalam bertugas mengitung surat suara. Penghitungan suara di kecamatan sangat memelahkan, baik oleh petugas hitung dan saksi.

“Saya sudah instruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk membuka layanan kesehatan di masing-masing PPK yang melaksanakan penghitungan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (24/4).

Pak Ben menambahkan, layanan kesehatan sudah dilakukan beberapa hari di tempat penghitungan suara tingkat PPK. Petugas secara periodik diperiksa tekanan darah dan diberi atau disuntik vitamin agar daya tahan tubuh tetap baik.

Selain petugas kesehatan yang saip memeriksa kesehatan petugas, juga disiagakan mobil ambulan. “Laporan petugas di lapangan, rata-rata petugas PPK tensi darahnya naik karena kelelahan. Layanan kesehatan ini juga kita berikan untuk sakti, polisi dan tTNI yang berjaga,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni mengatakan, tiap PPK disiapkan satu dokter dan dua perawat plus mobil ambulan. “Tim kesehatan kita siapkan ditiap PPK secara gantian dan akan siaga sampai proses penghitungan selesai,” ujarnya.

Deden menambahkan, pemeriksaan biasanya dilakukan saat jam makan siang dan salat. Sebelum petugas mulai melakukan penghitungan suara juga dicek dahulu kesehatannya, apakah ada keluhan atau tidak. “Rata-rata petugas PPK mengeluh kecapean, sehingga tensi darahnya naik. llau kita beri vitamin,” tambahnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here