Home OLAHRAGA Badminton Asia Championship 2019, Kevin/Marcus Jaga Kans Juara

Badminton Asia Championship 2019, Kevin/Marcus Jaga Kans Juara

0
SHARE
KEJAR GELAR: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang lolos ke babak perempatfinal Badminton Asia Championship 2019, di Wusan, China. FOTO: Bio

GANDA putra nomor 1 dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu dari tiga wakil Indonesia yang lolos ke babak perempatfinal Badminton Asia Championship (BAC) 2019. The Minions, julukan Kevin/Marcus menjaga kans juara usai mengalahkan ganda Hong Kong Chang Tak Ching/Yeung Ming Nok di babak 16 Besar.

Kevin/Marcus yang merupakan unggulan pertama turnamen yang digelar di Wuhan Sport Center, China menang mudah dengan skor 21-18, 21-18. Keduanya menang dalam waktu 25 menit.

Di babak 8 Besar Kevin/Marcus akan bertemu ganda China Han Chengkai/Zhou Haodong. Unggulan keenam lolos dari hadangan pebulkutangkis Taiwan Lu Ching Yao/Yang Po Han dengan skor 21-16, 21-18.

Selain Kevin/Marcus Indonesia masih memiliki dua wakil di babak 8 Besar. Keduanya adalah di nomor ganda putri atas nama pasangan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta serta di ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria E. Widjaja.

Walau punya kans paling besar untuk juara ketimbang dua pasangan yang lain, namun secara terang-terangan pelatih sektor ini, Herry Iman Pierngadi tidak terlalu menekankan untuk juara meski berkaitan dengan perhitungan poin kualifikasi Olimpiade.

Pasalnya, lawan Kevin/Marcus hari ini juga tidak mudah, yaitu Han Chengkai/Zhou Haodong. Pasangan yang dijuluki Minions itu memang menyandang predikat ganda putra terbaik dunia setelah bertengger ke peringkat pertama.

Akan tetapi secara head to head, Han/Zhou lebih unggul dengan meraih dua kemenangan berturut-turut atas Minions. Sedangkan Marcus/Kevin hanya pernah satu kali menang atas ganda putra Tiongkok tersebut.

“Memang tiap tanding maunya, sih, menang terus. Tapi kan lawannya bagus-bagus. Persaingan sekarang ramai, kami tidak mau ada beban walau diunggulkan,” ujar Marcus.

Pasangan Kevin tersebut mengakui jika peta persaingan ganda putra dunia semakin ramai di BAC. Kevin/Marcus yang gagal merebut gelar juara dalam tiga turnamen terakhir yaitu di All England, Malaysia Open dan Singapore Open 2019 akan sulit meraih juara di BAC.

“Kalau tanding kan nggak mungkin menang terus juga, yang penting kami fokus di tiap pertandingan,” timpal Kevin.

“Kami fokus ke goals-goals kami, dan goals di tahun depan. Kalau ditanya mau menang, pasti mau menang, tapi kami mau kasih yang terbaik mulai perhitungan olimpiade,” pungkas Kevin. (apw/bio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here