Home OLAHRAGA Evaluasi Kejuaraan Atletik Asia, Benahi Transisi Pindah Tongkat

Evaluasi Kejuaraan Atletik Asia, Benahi Transisi Pindah Tongkat

0
SHARE
EVALUASI: Tanpa Lalu Mohammad Zohri di nomor estafet 4 x 100 meter pada Kejuaraan Atletik Asia membuat tim estafet Indonesia tampil kurang greget. FOTO: JPG

HASIL yang diraih tim estafet 4×100 meter pada Kejuaraan Atletik Asia di Doha, Qatar, bulan lalu (23/4) bisa jadi yang terburuk sepanjang tahun ini. Beberapa pekan sebelumnya, Eko Rimbawan dkk meraih perunggu di Singapore Open dengan catatan waktu 40,26 detik. Eh di kejuaraan yang lebih bergengsi, skuad estafet bahkan gagal menembus semifinal.

Pelatih pelatnas atletik Eni Nuraeni melakukan evaluasi total. Problem yang dia temukan adalah transisi atau perpindahan tongkat masih kacau. Rasa saling percaya antarpelari belum terbentuk.

Masalah itu paling terlihat saat M. Bisma Diwa sebagai pelari pertama ingin mengoper tongkat ke Eko. Namun pelari kedua itu terlalu lambat keluar dari lintasan sehingga posisi pertukaran mepet. Kemudian pelari ketiga Joko Kuncoro Adi malah terlalu cepat keluar. Sehingga Eko sempat kewalahan untuk mengejar.

Ada waktu sepersekian detik di mana Adi sempat mengurangi kecepatan agar tidak melewati batas pertukaran tongkat. Nah, itulah yang kemudian membuat tim yang sempat leading jadi tertinggal jauh. Alhasil tim estafet gagal di babak penyisihan. Padahal, dari segi catatan waktu naik daripada Singapore Open. Yakni 39,96 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here