Home TANGERANG HUB 4 Kecamatan Belum Selesai Rekap PPK, KPU Tangsel Minta Giliran Terakhir

4 Kecamatan Belum Selesai Rekap PPK, KPU Tangsel Minta Giliran Terakhir

1
SHARE
PLENO: Dua orang saksi perwakilan parpol (kiri) melihat pembukaan kotak yang berisi data C1 dari kecamatan, saat pleno rekapitulasi suara tingkat Kota Tangsel di Hotel Marilyn Serpong, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-KPU Kota Tangsel terus bekerja keras menyelesaikan penghitungan suara Pemilu 2019. Rapat pleno yang digelar di Hotel Marilyn Serpong, Senin (6/5) sore baru menyelesaikan penghitungan untuk tiga kecamatan dari 7 kecamatan. Yakni Setu, Serpong Utara dan Serpong. Empat kecamatan, Ciputat, Ciputat Timur Pamulang dan Pondok Aren belum menyelesaikan rekapitulasi.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, rapat pleno penghitungan suara akan berakhir hari ini, Selasa (7/5). “Sampai Minggu (5/5) malam KPU telah menyelesaikan penghitungan suara Kecamatan Setu dan Serpong Utara,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (6/5). Bambang menambahkan, agenda Senin kemarin, seharusnya KPU melakukan penghitungan suara untuk Kecamatan Serpong, Ciputat dan Ciputat Timur. Namun, sampai pukul 11.20 WIB baru Kecamatan Serpong yang selesai melakukan penghitungan suara tingkat PKK dan kotak suara sampai di lokasi rapat pleno KPU.

“Seharusnya hari ini (kemarin) mulai pleno pukul 10.00 WIB tapi, karena kotak suara baru sampai pukul 11.20 WIB, maka pleno baru kita mulai pukul 14.00 WIB,” tambahnya. Masih menurutnya, Kecamatan Ciputat Timur masih belum siap, karena ada beberapa kotak suara yang tersimpan sulit dikeluarkan, lantaran tempatnya sempit. Saat ini tinggal sisakan 7 kotak di Kelurahan Pisangan, dan 20 kotak untuk Kelurahan Pondok Ranji.

Sedangkan untuk Kecamatan Ciputat tinggal menyisakan 25 kotak. Untuk mempercepat penghitungan tingkat PKK, KPU menambah beberapa panel. Awalnya dua panel sekarang jadi tiga sampai empat panel untuk percepat. “Setelah rekapitulasi TPS dari tiap kelurahan maka PPK kecamatan harus merekap tingkat kecamatan yang isinya kelurahan-kelurahan,” jelasnya.

Bambang menuturkan, KPU minta komitmen kepada PPK agar 6 Mei harus sudah selesai dan besok (hari ini) pagi PPK Ciputat dan Ciputat Timur sudah bisa dilakukan rekapitulasi tingkat Kota Tangsel. Sedangkan untuk Kecamatan Pamulang dan Pondok Aren, 7 Mei harus sudah selesai, baik siang atau malam harus sudah masuk ke KPU dan langsung dilakukan pleno.

“Untuk Pamulang masih menyisakan 100 kotak. Pondok Aren sisakan 80 kotak dan kita optimis besok (hari ini) selesai,” tuturnya. KPU Provinsi Banten akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi 8 sampai 10 Mei. “Kita minta kepada KPU provinsi agar rekapitulasi Kota Tangsel dilakukan hari terakhir, lantaran Tangsel jumlah TPS-nya banyak dibanding kota/kabupaten lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Tangsel Slamet Santoso mengatakan, diperkirakan rapat pleno penghitungan suara yang dilakukan KPU Tangsel selesainya meleset dari waktu yang ditentukan. “Ini karena sampai hari kedua pleno baru tiga kecamatan yang selesai dihitung. Untuk itu saya rekomendasikan agar KPU terus menghitung meskipun melebihi waktu yang telah ditetapkan,” singkatnya.

Untuk memastikan proses penghitungan suara berjalan dengan baik dan lancar, Senin (6/5) pagi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengujungi lokasi rekapitulasi KPU Tangsel. Airin berharap meskipun belum semua kecamatan selesai melakukan rekapitulasi namun, ia yakin akan selesai tepat waktu. “Saya yakin rekapitulasi tingkat kecamatan maupun kota selesai tepat waktu. Yang terpenting petugas harus menjaga kesehatan,” singkatnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here