Home OLAHRAGA Jelang Popnas XV/2019, Judo Hanya Minta 8 Atlet

Jelang Popnas XV/2019, Judo Hanya Minta 8 Atlet

0
SHARE
KETAT: Pejudo muda Banten yang tergabung di PPLP Provinsi Banten di Padepokan Satria Benteng, Kabupaten Tangerang bersaing ketat untuk tampil di Ponpas XV/2019 di Papua. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

FOKUS dan efektivitas latihan itulah yang menjadi incaran cabor judo Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Banten pada pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah(Pelatda) menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019 di Papua. Dari kuota sebanyak 12 atlet yang disiapkan berangkat ke Bumi Cendrawasih Pelatih PPLP cabor judo, Haerviner hanya meminta kuota 8 atlet.

Hal ini dikemukakan Haerviner agar latihan yang dilakukan benar-benar tepat sasaran untuk meraih medali di Popnas. Perempuan yang juga mantan atlet judo Banten tersebut mengungkapkan sejauh ini di PPLP Banten ada 14 pejudo yang ditempa di Padepokan Satria Benteng, Kabupaten Tangerang.

Namun pada persiapan kali ini ada transisi usia atlet yang akan tampil di Popnas dengan atlet berprestasi sebelumnya. Sehingga ada beberapa atlet yang batas usianya telah melewati ketentuan Popnas dan dipersiapkan diganti dengan atlet baru.

“Namun calon penggantinya ini belum bisa maksimal prestasinya karena baru berlatih secara serius. Oleh karena itu daripada kita memaksakan berangkat dengan 12 atlet tapi kemampuan beberapa atlet tak bisa maksimal, maka saya memilih untuk mempersiapkan 8 atlet saja untuk Popnas,” ucap Haerviner.

Sejauh ini PPLP sudah menjalani latihan rutin dan beberapa kali atlet tampil di even kejuaraan yang ada di Jabodetabek. Semua program sudah berjalan sesuai dengan yang telah dirancang selama ini agar bisa mencapai puncak penampilan pada Oktober 2019.

“Sekarang kami liburkan selama empat hari menyambut awal puasa, tapi setelah itu kami langsung ngebut latihan. Melanjutkan dengan masa persiapan umum yang telah berjalan sebelum bulan Ramadhan,” beber Haerviner.

“Meski dalam tahap persiapan umum tapi kondisi atlet sudah dalam kondisi bagus, karena sebelumnya beberapa kali tampil di kejuaraan. Seminggu lalu bahkan mereka habis tampil di kejuaraan, karena terpotong awal puasa makanya persiapan atlet kami kembalikan ke persiapan umum walau secara kondisi fisik mereka masih cukup bagus,” imbuhnya.

Soal kans medali dari 8 pejudo yang nantinya dipersiapkan menghadapi Popnas, Haeviner menyebut tak mau sesumbar. Dirinya hanya memasukkan target 1 medali emas pada multi even olahraga tingkat pelajar dua tahunan tersebut.

“Itu hanya diatas kertas, diluar itu kami berusaha menorehkan prestasi seperti saat Popnas XIV/2017 di Jawa Tengah, semua atlet yang kami kirim membawa pulang medali,” ucapnya.

Sebagai informasi, pada Popnas XIV/2017 Banten mengirimkan 8 atlet dan hasilnya cukup fantastis. Dimana semua atlet judo pelajar Banten membawa pulang medali dengan rincian 3 medali emas, 4 medali perak dan 1 medali perunggu. (mg-11/apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here