Home TANGERANG HUB Kuota Haji Tambahan, Tangsel Dapat Tambahan 24 CJH

Kuota Haji Tambahan, Tangsel Dapat Tambahan 24 CJH

0
SHARE
ANTAR HAJI: Anggota keluarga CJH Kota Tangsel mengantarkan calon jemaah haji, tahun lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG-Kota Tangsel mendapat tambahan kuota calon jamaah haji tahun ini sebanyak 24 orang Calon Jemaah Haji (CJH) dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Banten. Awalnya kuota jamaah haji Tangsel berjumlah 1.175 orang sehingga menjadi 1.199 orang.

Kepala Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak mengatakan, jumlah kuota calon jamaah haji dari Tangsel tahun ini menjadi 1.199 orang setelah mendapat tambahan 24 kuota dari provinsi. “Alhamdulillah kita dapat tambahan kuota calon jamaah haji meskipun tidak banyak jumlahnya,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (8/5).

Rojak menambahkan, jumlah tambahan tersebut kan dibagi untuk 7 kecamatan di Tangsel. Calon jamaah haji dari Kota Tangsel tahun ini akan dibagi dalam empat kelompok terbang (kloter).

“Dengan penambahan kuota ini semoga ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan sukses,” tambahnya.

Masih menurut Rojak, tahun ini Indonesia mendapat tambahan kuota jamaah calon haji 10.000 dari Pemerintah Arah Saudi. Dari jumlah tersebut Kanwil Kemenag Provinsi Banten mendapat tambahan 325 dan dibagi 8 kota/kabupaten yang ada.

Kuota tambahan sudah diperoleh maka yang mengisi diiurut berdasarkan nomor porsi.
“Namun, bila ada calon jamaah yang mendapat kuota tambahan namun, tidak mampu melunasi maka urutan yang ada dibawahnya yang akan mengisi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Pamulang Afkar Bakarudin mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi bimbingan manasik (binsik) calon jamaah haji. Binsik tersebut biasanya diksanakan bila anggaran dari Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Tangsel sudah turun.

“Yang ssudah-sudah jelang puasa sudah turun dan pelaksaaannya 8 kali di KUA, yakni 4 kali dalam bulan puasa dan 4 kali setelah lebaran,” ujarnya.

Afkar menambahkan, Binsik pasti akan dilaksanakan karena itu menyangkut hak calon jamaah untuk diberikan bimbingan. Isi dari Binsik tersebut berkaitan dengan kebijakan pemerintah tentang haji, dengan materi 70 persen praktek dan 30 persen teori.

Materinya tentang haji dan umroh, yakni tentang kesehatan dan lainnya. “Lokasi binsik biasanya pakai Masjid namun, belum tahu akan pakai masjid mana. Tahun ini Pamulang mendapat kuota jamaah haji hampir 300 orang, baik dari KBIH dan mandiri,” jelasnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here