Home TANGERANG HUB Dua Kelompok Massa di Kantor KPU Tangsel

Dua Kelompok Massa di Kantor KPU Tangsel

0
SHARE
SIAGA: Ratusan polisi bersiaga di depan pintu masuk kantor KPU Kota Tangsel di Jalan Raya Nusa Loka, BSD, Serpong. Kemarin malam, di hari terakhir penghitungan suara tingkat Kota Tangsel, dua kelompok massa berada di kantor KPU. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Rekapitulasi suara di Kota Tangsel masih bermasalah. Hingga kemarin, penghitungan suara di kecamatan tak kunjung selesai. KPU Tangsel menyewa salah satu ruangan di Hotel Marilyn, Serpong Utara untuk menggelar pleno. Anggaran untuk menyewa hanya cukup untuk tiga hari, 5-7 Mei. Pada hari keempat, tempat pleno pun pindah, ke kantor KPU Kota Tangsel. Lantaran, batas waktu sewa tempat sudah habis. Untuk memperpanjang sewa lagi, KPU mengaku sudah tidak punya anggaran lagi.

Pantauan Tangerang Ekspres di kantor KPU Tangsel, Kamis (9/5) malam, terlihat kelompok massa mendatangi dan berkumpul di sekitar kantor KPU. Dari pakaian yang dikenakan massa itu berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Massa terbagi dalam dua kelompok. Satu kelompok terlihat Ketua DPC Gerindra Tangsel Li Claudia Chandra dan Sekretarisnya Yudi Budi Wibowo. Yudi mengatakan, keramaian tersebut merupakan bentuk solidaritas dan relawan partai dalam mengawal suara pada rekapitulasi tingkat kota yang dilaksanakan di kantor KPU Tangsel.

“Ini hari terakhir penghitungan. Pengurus dan caleg punya inisiatif untuk mengawal suara kita,” ujarnya. Di kelompok satunya terlihat Sekretaris DPC PDIP Tangsel Iwan Rahayu. Menurutnya, massa PDIP datang hanya karena euforia rekapitulasi di tingkat kota saja. “Hari terakhir penghitungan suara, teman-teman yang hadir ini sebagai bentuk kecintaan terhadap partai,” singkatnya. Ratusan polisi bersenjata pun siaga. Mereka membentuk pagar betis di depan pintu masuk KPU.

Sejak Kamis (9/5) subuh, tim KPU sudah meninggalkan Hotel Marilyn dan kembali ke kantor KPU Tangsel di Jalan Raya Nusa Loka, BSD, Serpong. Divisi Teknis pada KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein mengatakan, KPU Tangsel hanya memiliki anggaran untuk sewa hotel untuk rapat pleno selama tiga hari saja. Namun, di lapangan rekapitulasi tingkat kecamatan tidak kunjung selesai dan membuat rapat kerap tertunda. “Akibatnya, kita harus pergi dari hotel,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (9/5).

Zein menambahkan, seharusnya KPU Tangsel harus sudah keluar dari hotel Rabu (8/5) pukul 12.00 WIB. Namun, mendapat kebijaksanaan dari manajemen hotel dan diberi tambahan waktu sampai Kamis (9/5) subuh. “Sampai Kamis (9/5) subuh rapat belum selesai, padahal masih ada kecamatan Pamulang dan Ciputat Timur yang belum selesai,” tambahnya.

Masih menurutnya, dengan keterbatasan tempat di kantor KPU Tangsel, pleno tetap dilanjutkan dan Kamis (9/5) pukul 11.00 WIB dilaksanakan rapat pleno untuk kecamatan Pamulang. “Pukul 14.00 WIB pleno kecamatan Pamulang selesai dan sampai Kamis pukul 18.00 rekapitulasi PPK Ciputat belum selesai,” jelasnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here