Home TANGERANG HUB Dishub Tangerang Sediakan Mudik Gratis

Dishub Tangerang Sediakan Mudik Gratis

1
SHARE
PERIKSA: Petugas DInas Perhubungan Kabupaten Tangerang bersama Polantas Polresta Tangerang memeriksa kendaraan sebelum berangkat di kantor uji kir dishub, Rabu (15/5). FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

BALARAJA – Tradisi mudik atau pulang kampung tak dapat dipisahkan dari lebaran khususnya bagi para perantau. Persiapan mudik kali ini bukan saja melibatkan perorangan, akan tetapi Kementerian Perhubungan melalui Departemen Perhubungan  mengadakan mudik gratis.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Bambang Mahardi Sentosa menjelaskan, Pemkab Tangerang menyiapkan 13 bus untuk pemudik yang berasal dari warga Kabupaten Tangerang. Namun untuk jadwal pemberangkatan,  serta persyaratan masih dalam tahap pembahasan.

“Kita masih proses lelang penyedia jasa transportasinya. Nanti setelah ada pemenang tender baru kita umumkan hasil pembahasan bersama ketentuan serta hal lainnya. Sedangkan dari Kementerian ada 80 bus itu untuk Provinsi Banten dan sudah penuh kuotanya,” katanya kepada Tangerang Ekspres melalui sambungan seluler, Rabu (15/5).

Lanjut Bambang, rombongan pemudik gratis Pemkab sama dengan jadwal pemberangkatan bersama pemudik se-Tangerang Raya program Kementerian Perhubungan. Adapun rombongan pemudik secara simbolis akan dilepas Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

“Bareng sama pemudik lain nanti pada 1 Juni pukul 08.00 WIB diharapkan untuk tidak terlambat. Selain dari itu, fasilitas lain tetap kita akan konsep untuk ada fasilitas tambahan. Seperti tahun lalu tiket langsung cepat habis hanya beberapa hari saja,” ujarnya.

Dimana Kemenhub menyiapkan 450 bus untuk pemudik se-Tangerang Raya yang maksimal 45 kursi per busnya.

“Kalau Kabupaten Tangerang dapat jatah mudik gratis 60 bus dari Kementerian. Dibuka pendaftaran dari 23 Maret 2019 namun sudah penuh sekarang. Untuk titik pemberangkatan sama dengan program kita di alun-alun Puspemkab Tangerang di Tigaraksa pada pukul 08.00 WIB,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Angkutan Barang Dishub Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan, bus direncanakan berangkat pada arus mudik dengan tujuan Cirebon, Semarang, Madiun, Jogjakarta, dan Solo. Sebelumnya, para pemudik akan diperiksa kesehatan serta dibekali dengan obat-obatan selama diperjalanan.

“Total pemudik dengan 13 bus sebanyak 767 orang program dari Pemkab Tangerang. Saat pemberangkatan ada bantuan dari Dinas Kesehatan. Karena kita menjalin koordinasi,” terangnya.

Sedangkan, persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta mudik yang harus disiapkan diantaranya fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga, dan mengisi formulir. Untuk barang bawaan pemudik sedang dalam kajian lebih jauh.

“Nanti daftarnya di Kantor Dishub, hanya saja kita belum ada PO Bus yang pemenang lelang. Rencananya buah tangan pemudik ada tempat khusus tapi masih harus ada rapat soal itu. Kalau persyaratan seperti tahun lalu,” tukasnya. (*)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here