Home TANGERANG HUB Stok Darah Aman Sampai H+7 Lebaran

Stok Darah Aman Sampai H+7 Lebaran

613
1
SHARE

SERPONG-Selama Ramadan, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangsel jumlahnya terus berkurang. Hal tersebut lantaran pendonor saat bulan Ramadan menurun. Meski begitu, PMI memastikan stok darah tetap aman hingga H+7 Lebaran.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, selama bulan Puasa kecendrungan masyarakat untuk mendonorkan darah memang berkurang. Namun, demikian PMI Tangsel tetap berkonsentrasi untuk menyediakan stok darah yang mencukupi terutama saat Ramadan sampai lebaran.

“Tiap hari PMI Tangsel mengeluarkan 50 kantong darah untuk 18 rumah sakit yang bekerja sama dengan PMI Tangsel dan rumah sakit lainnya,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (27/5).

Namun demikian, Suhara mengatakan stok darah dipastikan aman sampai H+7 Lebaran mendatang. Hal tersebut dikarenakan dalam jangka waktu tersebut masyarakat diperkirakan akan melakukan kegiatan seperti biasa. Bila dihitung, sisa waktu Ramadan ditambah plus 7 hari Lebaran maka kebutuhan darah mencapai 1.100 kantong.

“Sekarang PMI Tangsel memiliki 600 kantong stok darah, dan diperkirakan mobil unit darah bisa mendapat 300 kantong darah,” tambahnya.

Selain melakukan upaya jemput bola dengan menggunakan mobil unit darah, UDD PMI Tangsel juga melayani donor darah di kantor. Rata-rata tiap hari ada sekitar 10 orang yang datang dan mendonorkan darahnya. “Kan ditambah 220 berarti, jadi total 1.120 kantong, cukup untuk sampai H+7,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, saat ini stok darah dipastikan masih aman. “Kita juga tetap didorong masyarakat untuk melakukan donor darah meskipun puasa. kantor UDD sudah baik dan masyarakat bisa langsung datang ke UDD untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi bila UDD PMI Tangsel kekurangan stok darah, juga telah melakukan koordinasi dengan UDD lain untuk antisipasi kebutuhan darah selama lebaran. “Antar UDD kita sudah koordinasi, jadi kalau ada yang membutihkan darah bisa dibantu atau mengambil darah dari UDD lain,” tambahnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here