Home PENDIDIKAN Halal Bihalal SDN Kadu 1

Halal Bihalal SDN Kadu 1

0
SHARE
HALAL BIHALAL: Kepala SDN Kadu 1, Hj. Mulyanih, M.Pd (berdiri depan), memimpin kegiatan halal bihalal di halaman sekolah, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

CURUG – Hari pertama masuk sekolah, setelah libur Hari Raya Idul Fitri, SDN Kadu 1, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, mengadakan acara halal bihalal, Rabu (12/6). Halal bihalal merupakan tradisi di lingkungan SDN Kadu 1 untuk saling bermaafan antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa. Bahkan orangtua siswa yang mengantarkan anaknya ke sekolah, ikut dalam halal bihalal.

Kepala SDN Kadu 1, Hj. Mulyanih, M.Pd, memaparkan, kegiatan halal bihalal tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan bagi generasi muda.

Kata Hj. Mulyanih, ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang di bulan syawal seusai melakanakan Idul Fitri.

Menurutnya, dalam kenyataannya perjalanan hidup manusia selalu tidak bisa luput dari dosa. Dosa yang paling sering dilakukan adalah kesalahan terhadap sesama yang kerap berinterkasi dalam kehidupan sehari-hari.

“Halal bihalal merupakan peristiwa penting untuk saling memaafkan baik perkataan dan perbuatan. Dalam kaca mata Islam, halal bihalal bertujuan untuk menghormati sesama teman dalam bingkai silaturahmi,” tegas Hj. Mulyanih.

Sementara itu, guru agama Islam SDN Kadu 1 Muhamad Endang, memaparkan, halal bihalal dilihat dari sisi silaturahmi dapat menjadi perantara untuk memperluas rezeki dan memperpanjang umur sebagaimana sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, ‘Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah bersilaturahmi’.

Untuk itu, kegiatan halal bihalal yang diselenggarakan di halaman sekolah diikuti oleh seluruh guru, staf sekolah dan juga seluruh siswa. Ia berharap, dilaksanakan halal bihalal dengan meminta maaf maka kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak dapat dimaafkan.

“Kami sebagai guru tidak memungkiri adanya kesalahan baik kepada siswa maupun sesama rekan guru. Untuk itu, kami meminta maaf kepada seluruh siswa dan juga rekan-rekan guru,” tegas Endang, yang juga sekretaris Pena Ungu Kabupaten Tangerang.

Selain itu, Endang meminta kepada seluruh siswa agar lebih semangat belajar seusai lebaran. Apalagi sebentara lagi akan dilaksanakan kenaikan kelas. “Semangat belajar harus lebih ditingkatkan lagi, apalagi sebentar lagi akan ada kenaikan kelas,” ucap Endang. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here