Home TANGERANG HUB Jadwal Pilkades Serentak Diundur, Antispasi Pencairan Anggaran

Jadwal Pilkades Serentak Diundur, Antispasi Pencairan Anggaran

0
SHARE
PEMUNGUTAN SUARA: Petugas pemungutan suara Pilkades saat melakukan penghitungan suara. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tangerang mengubah jadwal pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019. Pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap enam tahunan ini, semula diagendakan akan dilaksanakan pada 17 November, kini diubah menjadi delapan Desember.

“Hal itu disepakati dalam hasil ekspose kedua sosialisasi Pilkades serentak 2019. Sosialisasi tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Tangerang Maesal Rasyid, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Banteng Indarto, Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (forkopimda) dan para Camat se-Kabupaten Tangerang,” jelas Ahmad Hapid, Kepala Bidang Pemerintah Desa pada DPMPD Kabupaten Tangerang, Rabu (19/6).

Hapid menjelaskan, jadwal pelaksanaan Pilkades serentak 2019 diundur. Sebelumnya, kata Hapid, rencana tahapan Pilkades serentak dimulai Agustus sampai Novermber. Hal itu berdasarkan hasil ekspose pertama. Tetapi, sambungnya, saat ini direncanakan tahapan Pilkades dimulai September sampai Desember. Perubahan tersebut berdasarkan hasil ekpose sosialiasi Pilkades kedua.

Dikatakan Hapid, dasar perubahan jadwal pelaksanaan Pilkades dikarenakan ada perbedaan masa akhir jabatan kepala desa, dan antisipasi keterlambatan pencairan anggaran pada alokasi biaya tambahan (ABT).

“Dasar perubahan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak yang melibatkan 153 desa, karena adanya perbedaan masa akhir jabatan tiga Kepala Desa (kades) yang bukan berakhir pada 22 Juli yakni, Kades Kadu Sirung, Kecamatan Pagedangan pada 31 Desember. Kades Pangkalan, Kecamatan Teluknaga dan Kades Pondok Jaya, Kecamatan Sepatan pada 28 Agustus,” paparnya.

Dasar kedua, lanjut Hapid, mengantisipasi keterlambatan pencairan anggaran pada alokasi biaya tambahan (ABT) 2019. “Anggaran untuk Pilkades serentak tahun ini, terbagi dalam dua tahapan. Yakni tahapan persiapan, dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp5 miliar yang bersumber dari APBD murni 2019, dan tahap pelaksanaan dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 17.120.231.700, yang bersumber dari ABT 2019,” pungkasnya.

Sekedar informasi, adapun 153 desa yang menyelenggarakan Pilķades serentak 2019 yaitu, Desa Cicalengka, Pagedangan, Cijantra, Lengkong Kulon, Situ Gadung, Jatake, Kadu Sirung, Karang Tengah pada Kecamatan Pagedangan. Desa Talaga, Telaga Sari, Dukuh, Sukadamai, Pasir Jaya, Budi Mulya pada Kecamatan Cikupa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here