Home NASIONAL 9 Pati Polri Daftar Capim KPK

9 Pati Polri Daftar Capim KPK

293
0
SHARE

JAKARTA – Nama-nama para perwira tinggi (Pati) Polri berpangkat bintang satu dan dua yang akan mengikuti seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah beredar di kalangan awak media, Kamis (20/6). Dari daftar nama-nama itu, ada nama Irjen Pol Antam Novambar yang merupakan wakil Kabareskrim Polri saat ini.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, daftar sembilan nama Pati yang ikut seleksi calon pimpinan KPK yang beredar di masyarakat belum final. “Saya sudah menelpon staff Divisi SDM, dan mereka menyampaikan nama-nama itu belum final,” ujar jenderal polisi bintang satu tersebut di Mabes Polri, Kamis (20/6).

Dedi menjelaskan, dari sisi internal setiap anggota Polri itu ada regulasinya untuk menerima penugasan khusus berdasarkan Peraturan Kapolri No 1 Tahun 2015. Tentunya, dari aturan itu ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan oleh tim di internal sendiri. Dedi pun menyampaikan, pihaknya nanti segera menyurati tim Pansel Capim KPK apabila nama-nama calon kandidat pimpinan KPK dari Polri telah selesai diproses. Kemungkinan, diakui Dedi, targetnya itu akan dilakukan H-1 sebelum pendaftaran ditutup.

Sebagai informasi, Rabu (20/9) kemarin, sejumlah awak media mendapati adanya surat Kapolri nomor B/722/VI/KEP/2019/SSDM tertanggal 19 Juni 2019 yang ditandatangani Asisten bidang SDM (As SDM) Kapolri Irjen Eko Indra Heri. Dari surat itu termuat nama sembilan pati Polri yang ajukan diri ikut seleksi Capim KPK.

Terkait sembilan Pati Polri yang mengikuti seleksi Capim KPK, peneliti Indonesia Curruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengatakan, pihaknya ragu KPK akan berjalan baik. Dia tak yakin jika ada Komisioner KPK dari Polri tak akan ada konflik kepentingan.

Kurnia pun memberikan saran, kepada anggota Polri yang memang berpotensi menjadi pimpinan KPK untuk lebih membesarkan institusinya dalam penanganan kasus tindak pidana korupsi, sebab sampai saat ini persepsimasyarakat terkait perang melawan korupsi belum banyak berubah.

Seperti diketahui, berdasarkan informasi dari situs Kementerian Sekretariat Negara, setneg.go.id, Pansel telah mulai membuka pendaftaran Capim KPK mulai, Senin 17 Juni 2019 hingga 4 Juli 2019.Adapun proses pendaftaran itu dapat dilakukan secara langsung, di sekretariat Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK yang bertempat,di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara mengirim berkas permohonan lewat pos ke alamat Sekretariat Pansel Capim KPK atau viae-mailke panselkpk2019@sertneg.go.id. (Mhf/gw/fin)

Daftar 9 Pati Polri Ikut Seleksi Capim KPK

1. Irjen Antam Novambar, Wakabreskrim Polri
2. Irjen Dharma Pongkerum, Pati Polri penugasan di BSSN
3. Irjen Coki Manurung, Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri
4. Irjen Abdul Gofur, Analis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam Polri
5. Brigjen Muhammad Iswandi Hari, Pati Polri penugasan Kemenaker
6. Brigjen Bambang Sri Herwanto, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri
7. Brigjen Agung Makbul, Karo Sunluhkum Divisi Hukum Polri
8. Brigjen Juansih, Analis Kebijakan Utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri
9. Brigjen Sri Handayani, Wakapolda Kalbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here