Home PENDIDIKAN SDN Pakuhaji 1 Kecamatan Pakuhaji, Gali Potensi Siswa Lewat Seni

SDN Pakuhaji 1 Kecamatan Pakuhaji, Gali Potensi Siswa Lewat Seni

0
SHARE
KREATIVITAS SISWA: Pentas seni siswa SDN Pakuhaji 1, Kabupaten Tangerang memperlihatkan kreativitas peserta didik. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI — Kurikulum 2013 saat ini mendorong siswanya untuk tidak hanya mendapatkan materi, tapi juga difasilitasi untuk praktik. Banyak hal yang dilakukan sekolah untuk mendorong hal itu.

Salah satunya dengan menggelar kegiatan pentas seni pada akhir kegiatan pembelajaran di sekolah. SDN Pakuhaji 1, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, misalnya. Secara rutin, setiap tahun, SDN Pakuhaji 1 menggelar kegiatan seni yang menampilkan kemampuan siswa. Tentunya sebelum mereka tampil di atas panggung yang disaksikan orang tua, para guru telah melatihnya sekitar satu bulan.

Menurut Kepala SDN Pakuhaji 1, BP Turjaman, banyak aktivitas seni yang ditampilkan siswa membuat orang tua kagum. Mulai dari tarian, puisis, vokal, hingga pameran karya seni siswa.

”Saya berharap melalui kegiatan ini siswa bisa mengetahui bakat atau potensi dirinya, yang mungkin kurang digali selama ini. Menurut saya bagus untuk masa depannya. Siapa tahu justru potensi mereka bisa menjadi ladang penghidupan mereka,” tutur BP Turjaman, yang ditemui Tangerang Ekspres disela-sela kegiatan, kemarin.

Selain menggali potensi siswa, BP Turjaman mengatakan, tumbuhnya kerja sama tim juga menjadi dampak postif bagi siswa. “Karena mereka yang tampil biasanya dalam sebuah tim, mereka bekerja sama menampilkan hasil terbaik dari latihan mereka yang dilatih dewan guru” ucap BP Turjaman.

Tentunya, kata BP Turjaman, pengembangan potensi siswa tidak hanya dilakukan pada bidang akademik saja, menggali potensi pada bidang seni juga harus dilakukan. Karena tidak semua siswa memiliki potensi yang sama.
”Termasuk potensi siswa pada bidang olahraga juga kita kembangkan. Terbukti, anak-anak menjadi langganan juara olahraga di tingkat Kecamatan Pakuhaji” terangnya.

Kegiatan pentas seni akhir tahun ini yelah dipersiapkan selama satu bulan oleh panitia kegiatan yang merupakan dewan guru. Kegiatan ini juga menjadi tempat belajar siswa untuk dapat berani tampil dihadapan umum. Biasanya, tamu yang hadir bisa mencapai 1.000 orang.

”Karena menggelar kegiatan sebesar ini tidaklah mudah, ada proses-proses yang harus mereka lalui. Dengan begitu, ketika mereka tampil dengan penuh percaya diri dipanggung, mereka sudah terbiasa,” bebernya.(mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here