Home TANGERANG HUB Camat Se-Halmahera Belajar ke Ciptim

Camat Se-Halmahera Belajar ke Ciptim

0
SHARE
TERIMA KUNJUNGAN: Sekcam Ciptim menerima kunjungan camat se-Halmahera Tengah, di aula kecamatan. FOTO: Dok. Net

CIPUTAT TIMUR-Pemkab Halmahera Tengah, Provinsi Maluku, mengunjungi Kecamatan Ciputat Timur, pada Kamis (20/6) lalu. Rombongan ini diikuti oleh seluruh camat se-Kabupaten Halmahera Tengah.

Rombongan disambut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Ciputat Timur, Mukroni beserta seluruh staf kecamatan. Mukroni menyampaikan, kedatangan rombongan satu kehormatan bagi Pemkot Tangsel khususnya Kecamatan Ciputat Timur.

“Merupakan kebanggan bagi kami kedatangan tamu jauh Halmahera Tengah Maluku Utara. Berkenan hadir di Ciputat Timur merupakan satu kebahagiaan bagi kami. Kami tentu ingin belajar kepada bapak ibu yang akan datang,” katanya.

Turut hadir dikegiatan tersebut Sekretaris Kecamatan Ciputat Dwi Suryani, dan Sekretaris Kecamatan Pamulang Hamdani.

Mantan Lurah Pondok Ranji ini menjelaskan bahwa Kecamatan Ciptim baru usia 11 tahun sejak 2007 atas pemekaran Kecamatan Ciputat. Kecamatan Ciputat Timur berbatasan langsung dengan DKI Jakarta sebelah timur, berbatasan langsung dengan Tangerang, Depok dan Bogor dengan Jumlah penduduk 167 ribu terdiri dari 6 kelurahan.

“Rata-rata penduduk satu kelurahan mencapai 25 ribu. Di Disdukcapil yang tercatat mencapai 50 ribu populasi jumlah penduduk karena banyak yang berKTP di luar Tangsel namun tinggalnya di Tangsel,” katanya.

Ia berharap atas kedatangan ini, bisa sharing pengalaman. Keunggulan lain Kecamatan Ciputat Timur memiliki karakteristik berpen duduk sangat heterogen. Banyak perguruan tinggi kenamaan yang mahasiswanya dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Asisten Daerah 1 Kabupaten Halmahera Tengah, Rustam menyampaikan kedatangan rombongan ini untuk mengetahui seberapa jauh pembangunan di Kecamatan yang ada di Kota Tangsel.

“Selaku ketua rombongan saya memperkenalkan ada 10 kecamatan dari 61 desa. Jumlah penduduk 70 ribu. Masih sangat luas di sana. Potensi daerah kami pertambangan nikel dan rata-rata kecamatan ada di daerah pesisir,” katanya.

Ia berharap kunjungan ke Kota Tangsel ini bisa memberikan dan berbagi ilmu untuk kemajuan di Kabupaten Halmahera Tengah ini.

“Dari sisi prasarana dan SDM yang ada di Ciputat Timur dengan Halmahera Tengah, pasti jauh. Tapi paling tidak dapat dimanfaatkan semua camat soal pelayanan dan administrasi sehingga menjadi oleh-oleh saat kembali ke kampung halaman,” tandasnya. (hms/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here