Beranda TANGERANG HUB Rengas Ajak Warga Kelola Sampah

Rengas Ajak Warga Kelola Sampah

0
BERBAGI
PPTK Dana Kelurahan Rengas (berdiri) memberikan sambutan dalam pembinaan warga terkait pengelolaan sampah. FOTO: Dok. Net

CIPUTAT TIMUR-Kelurahan Rengas, Ciputat Timur, kembali menggelar sosialisasi pembinaan warga dalam hal pengelolaan sampah. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (20/6) yang dihadiri sekitar 50 peserta berlangsung di Aula Kelurahan.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dana kelurahan, Kelurahan Rengas, Ulfatussakinah menyampaikan bahwa acara ini berasal dari dana kelurahan yang dikucurkan melalui APBD Tangsel tahun 2019. Pada kesempata kali ini berkaitan dengan sampah yang menjadi problem selama ini.

“Sosialisasi pembinaan sampah pada kesempatan hari ini yang dipaparkan oleh para narasumber hendaknya kita simak dengan baik sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena sosialisasi hari ini adalah tentang kita. Kita penghasil sampah dan kita juga yang seharusnya menanganinya,” katanya.

Diharapkan para peserta mulai merubah kebiasaan tentang cara pandang terhadap sampah. Sampah yang selama ini dibuang begitu saja sesungguhnya memiliki nilai yang berharga. Dengan sampah semua dapat menjadi barang mewah. Bukan hanya menjadi uang, tapi juga bisa menjadi media tanam dan komposter yang dapat menghasilkan sayuran dan buah-buahan.

“Mari kita tangani sampah ini dengan bijak dimulai dari diri sendiri agar tidak menimbulkan masalah untuk orang lain dan lingkungan sekitar. Mudah-mudahan dengan sosialisasi hari ini kita dapat pembelajaran baru dan merubah wawasan kita bagaimana merubah sampah menjadi berkah,” harapnya.

Tiga narasumber yaitu Ketua Inkalindo Provinsi Banten, Tin Gustini, Ketua Sibas Tangsel, Wakidi dan Ketua Hakli Tangsel, Mulyani.

Wakidi berpesan kepada para peserta agar lebih memperhatikan dalam memilah sampah mulai dari keluarga. sampah jika dipilah organik dan anorganik dapat menghasilkan banyak tambahan.

Anorganik bisa menjadi uang dikumpulkan lalu dijual kepengepul. Demikian organik untuk menjadi median tanam seperti capai dan sayur-sayuran. Sedangkan yang cair dapat menjadi pupuk cair. (hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here