Home TANGERANG HUB Dispora Kekurangan Perahu Naga, Peserta 5 Negara Belum Ada Jawaban

Dispora Kekurangan Perahu Naga, Peserta 5 Negara Belum Ada Jawaban

0
SHARE
PERAHU NAGA: Salah satu perahu naga saat digunakan lomba memeriahkan perayaan Pehcun beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

TANGERANG – Perahu naga untuk lomba pada Festival Cisadane masih kurang banyak. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang  sudah menghitung kebutuhannya sekitar 24 unit perahu. Untuk mencukupinya, panitia harus pinjam ke daerah lain.

“Untuk perahu naga kita mempunyai 6 perahu, provinsi ada 4, Boen Tek Bio 2 perahu, dan Podsi Pusat akan menurunkan 4 perahu naga. Sisanya kami sedang meminjam ke daerah Cilegon dan Serang agar bisa lengkap. Karena kita membutuhkan 24 perahu dalam lomba perahu naga di Festival Cisadane,” kata

Sekretaris Dispora Kota Tangerang Maryono Hasan ketika ditemui di kantornya, Senin (24/6).

Disebutkan, Dispora Kota Tangerang harus menyiapkan sebanyak 24 perahu naga untuk kebutuhan lomba pada festival Cisadane yang akan digelar Juli mendatang.

Dikatakan, persiapan lomba perahu naga sampai saat ini sudah mencapai 50 persen. Semua persiapan mulai dari lintasan untuk lomba serta perahu naga sudah disiapkan, tinggal menunggu hasil peserta dari luar negeri yang saat ini masih disiapkan Podsi Pusat.

“Kalau untuk persiapan, kami sudah menyiapkan semua. Sebagai tuan rumah semua rangkaian persiapan telah kami rapatkan, agar tidak ada kendala pada saat pelaksanaan berlangsung,”ujarnya.

Maryono menambahkan, perahu naga yang akan digunakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Salah satunya dari Podsi Pusat, Podsi Provinsi, Boen Tek Bio dan beberapa daerah di Banten telah dikordinasikan untuk peminjaman perahu naga.

“Untuk perahu naga, kita mempunyai 6 perahu naga, Provinsi ada 4 perahu naga, Boen Tek Bio 2 perahu naga, dan untuk Podsi pusat akan menurunkan 4 perahu naga. Sisanya kami sedang meminjam ke daerah Cilegon dan Serang agar bisa lengkap, karena kita membutuhkan 24 perahu naga dalam lomba perahu naga di festival Cisadane,”paparnya.

Maryono menjelaskan, kondisi air Cisadane dipastikan aman dan tidak ada peningkatan debit air pada saat pelaksanaan. Dirinya juga telah berkordinasi dengan pengawas debit air Cisadane, bahwa Cisadane bisa digunakan untuk festival Cisadane dan lomba perahu naga.

“Beberapa waktu lalu kami datang ke pengawas debit air Cisadane, disana kami menanyakan apakah aman atau tidak untuk debit air Cisadane. Saat dicek, untuk bulan tersebut debit air Cisadane aman dan tidak akan ada peningkatan debit air,”ungkapnya.

Ia menuturkan, terkait peserta dari luar negeri, Dispora masih menunggu jawaban dari Podsi Pusat. Karena untuk peserta negara luar Podsi pusat yang menyiapkan. Tetapi memang belum ada jawaban yang pasti dari Podsi, karena masih dikoordinasikan.

“Janji mereka itu minggu depan, jadi kita tunggu saja. Kita hanya menyiapkan hotel dan akomodasi untuk mereka keliling dan juga ke tempat lokasi lomba, selebihnya diserahkan ke Podsi Pusat,” tuturnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here