Home BANTEN 67 PNS Pemkab Serang Terancam Disanksi

67 PNS Pemkab Serang Terancam Disanksi

0
SHARE
DIPERIKSA: Sejumlah PNS Pemkab Serang di-BAP oleh pegawai BKPSDM Kabupaten Serang di kantor BKPSDM Kabupaten Serang, Selasa (25/6). FOTO: Syirojul Umam/Banten Ekspres

SERANG – Sebanyak 67 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Serang terancam disanksi karena tak hadir saat pertama masuk kerja pada pekan pertama pascalibur Lebaran 2019. Mereka yang absen pada kurun waktu 10-14 Juni itu dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP) di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Selasa (25/6) pagi.

Sanksi yang akan diberikan itu berupa pemotongan tunjangan penghasilan PNS (TPP) sebesar 50 persen, penurunan pangkat tiga tahun, atau pemberhentian dengan tidak hormat. Penjatuhan sanksi itu akan dilakukan setelah hasil BAP itu diketahui pada Jumat (28/6).

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan berdasarkan hasil rekapitulasi dari empat tim pemeriksaan, dari 67 PNS yang tidak hadir pada minggu pertama kerja, 55 PNS absen tanpa keterangan.

“Jumlahnya memang cukup banyak untuk yang tanpa keterangan, sementara sisanya ada yang izin, dan cuti yang memang telah mengurusnya jauh dari sebelum Lebaran,” katanya saat ditemui wartawan di sela-sela pemeriksaan.

Menurut dia, 67 PNS yang absen itu terdiri atas pegawai organisasi perangkat daerah (OPD), pengawas sekolah, dan pegawai kecamatan. Saat BAP, mereka mengungkapkan alasan masing-masing. Mereka pun diminta menunjukkan buktinya.

“Ada beberapa orang yang saya panggil. Kalau pengawas SMP (sekolah menengah pertama), alasannya dia ke lapangan untuk sidak (inspeksi mendadak) juga karena waktu itu guru SMP juga tidak boleh libur. Kalau dari dinas (OPD), ada yang mengatakan anaknya sedang sakit, dia juga melampirkan surat rawat anaknya,” ujar alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here