Home TANGERANG HUB KSB Dilatih Penanggulangan Bencana

KSB Dilatih Penanggulangan Bencana

0
SHARE
DAPUR: Sejumlah personil Tagana memperlihatkan proses memasak di mobil yang dimodifikasi menjadi dapur umum. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang, memberikan pelatihan penanggulangan bencana di Kecamatan Pakuhaji, sejak awal pekan ini. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pembekalan dan kesiapan kepada kader Kampung Siaga Bencana (KSB) saat menghadapi bencana.

Demikian dilontarkan Mustopa Ibenk, Ketua KSB Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, kepada Tangerang Ekspres, Rabu (26/6). Ia menyebutkan kegiatan pelatihan itu diantaranya, pelatihan pemadaman api memakai karung goni, pelatihan bongkar-pasang tenda darurat keluarga, dan pelatihan pengelolaan dapur umum bencana.

“Kader KSB adalah kepanjangan tangan dari Dinsos Kabupaten Tangerang, sehingga kader KSB wajib hadir ketika terjadi bencana apapun di Kecamatan Pakuhaji ataupun wilayah lain jika dibutuhkan,” kata pria yang akrab disapa Ibenk.

Lebih lanjut, Ibenk menyebutkan, jangan sampai kader KSB yang sudah dibentuk ini tidak memiliki skill atau kemampuan saat menghadapi bencana yang bersifat sewaktu-waktu ataupun rutin terjadi.

Di Kecamatan Pakuhaji, Ibenk mengatakan, bencana yang bersifat sewaktu-waktu bisa terjadi seperti, angin puting beliung dan kebakaran, sedangkan bencana yang rutin setiap tahun adalah banjir akibat luapan Sungai Cisadane di Desa Kali Baru dan Kohod.

“Kami ketahui, luapan Sungai Cisadane bisa membanjiri puluhan rumah di kedua desa tersebut. Dengan begitu, ketika warga sampai mengungsi, maka diperlukan tenda-tenda dan dapur umum,” jelasnya

Sementara itu, Ending Aryadi, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tangerang mengatakan, Tagana menginginkan melalui pelatihan penanggulangan bencana terhadap kader KSB, bisa memotivasi para kader itu untuk semakin peduli lingkungan.

“Lalu, memahami apa yang mereka lakukan saat menghadapi bencana,” singkatnya.

Aryadi menambahkan, dia menginginkan terjalin komunikasi yang baik antara pihaknya dengan KSB Kecamatan Pakuhaji. Sebab, lanjutnya, kedepan pihaknya masih memiliki program-program tentang kebencanaan yang akan diberikan baik kepada kader KSB maupun masyarakat umumnya. (zky/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here