Home NASIONAL Pengumuman Nama Capim KPK 11 Juli

Pengumuman Nama Capim KPK 11 Juli

0
SHARE
BERI KETERANGAN: Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019-2023, Yenti Garnasih (tengah), memberikan keterangan kepada wartawan terkait jumlah pendaftar capik KPK di kantor Kementerian Sekretariat Negara, kemarin. FOTO: Antara

Jakarta – Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau Pansel Capim KPK periode 2019-2023, Yenti Garnasih, mengatakan nama-nama pendaftar Capim KPK yang memenuhi syarat administrasi akan diumumkan pada 11 Juli 2019.

“Nanti yang diumumkan tanggal 11 yang masuk berapa, langsung mereka yang (daftar) online harus bawa dokumen fisiknya,” kata Yenti di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (4/7).

Yenti menuturkan, begitu seleksi administrasi diumumkan, masyarakat bisa mulai mencari rekam jejak berupa data dan fakta mengenai para pelamar yang akan mengikuti tahap selanjutnya. Masyarakat, kata dia, juga bisa memberikan masukan mengenai rekam jejak pelamar Capim KPK. Kemudian, Pansel nantinya akan melakukan klarifikasi.

“Jangan sampai masukan hanya fitnah atau hanya sanjung-sanjung supaya terpilih. Ini terjadi pada pengalaman lalu, sebutkan si A ini bagus sekali. Banyak, dalam sehari ada 55 masukan, ternyata dari satu orang yang sama,” ujarnya.

Selain melihat rekam jejak, Pansel juga akan melakukan psikotes dan profile assessment lewat ahli yang ditunjuk. Setelah pengumuman seleksi administrasi, pendaftar Capim KPK akan menjalani tes tertulis, tes obyektif, dan membuat makalah di tempat.

Sementara itu, sampai pukul 14.00 WIB, jumlah pendaftar Capim KPK telah mencapai 282 orang. Rinciannya, jelas Yenti, pendaftar capim KPK terdiri dari 57 orang berprofesi sebagai pengacara, 53 orang dosen, 26 orang pengusaha swasta dan BUMN, 5 orang jaksa, 11 orang hakim, 1 orang aparat TNI, 10 orang aparat Polri, 6 orang auditor, 10 orang komisioner dan pegawai KPK, dan 103 orang lainnya memiliki profesi beragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here