Home TANGERANG HUB Calon Paskibra Digembleng 3 Tahap

Calon Paskibra Digembleng 3 Tahap

0
SHARE
DIBERI PENGHARGAAN: Walikota Airin Rachmi Diany menyerahkan penghargaan kepada para paskibraka, beberapa tahun lalu. FOTO: Tri Budi/Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Sebanyak 60 calon Paskibraka Kota Tangsel akan mulai digembleng dari 9 Juli besok. Pelatihan itu dilakukan untuk persiapan mereka sebagai petugas pada upacara HUT ke-74 Republik Indonesia tingkat Tangsel di Lapangan Cilenggang, Serpong.

Kepala Seksi Pengembangan dan Kewirausahaan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel Masrudin mengatakan, 60 calon Paskibra tersebut akan digembleng dua tahap sebelum bertugas. Tahap pertama mulai 9-31 Juli dan kedua 1-18 Agustus.

“Calon paskibra ini akan kita gembleng di tiga lokasi, yakni kawasan Balai Kota Tangsel, Lapangan Cilenggang dan Mako Kaveleri Serpong,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (7/7).

Masrudin menambahkan, untuk tahap pertama 9-31 Juli calon paskibra akan digembleng tiap hari, kecuali Jumat libur. Pada tahap ini mereka akan digembleng di Balai Kota dan Lapangan Cilenggang Serpong.

Tahap pertama atau pra-pemusatan latihan dan khusus calon paskibra siswa saja yang latihan. Mereka akan dilatih oleh para seniornya yang tergabung dalam Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangsel dan personel TNI dari Kaveleri Cobra.

“Sedangkan pelatihan tahap dua akan menggunakan lapangan Cilenggang dan Mako Kaveleri. Tahap dua ini, calon paskibra dari siswa dan TNI akan latihan bersama,” tambahnya.

Dari 60 paskibra siswa dari SMA se-Tangsel, 50 orang bertugas dalam upacara di Tangsel, 5 untuk tugas di provinsi dan 5 orang lain lagi untuk cadangan. 50 calon paskibra ini akan dibagi dalam dua kelompok, yakni bertugas saat upacara penaikan bendera dan penurunan bendera.

Pembagian petugas pembawa baki, pengibar bendera akan ditentukan jelang hari H. Awalnya mereka latihan semua untuk semua posisi dan semua harus bisa. “Kalau sudah pengukuhan semua tugas atau posisinya sudah tahu semua,” jelasnya.

Nantinya akan ada 60 anggota TNI yang akan bergabung menjadi pasukan 45. Sedangkan pasukan 8 dan 17 berasal dari siswa.

Menurutnya, salah satu syarat calon paskibraka harus mempunyai tinggi badan minimal 170 centimeter untuk pria dan wanita 165 centimeter. “Termasuk memiliki mental yang kuat, menguasai wawasan luas yang meliputi secara umum, kepaskibrakaan, seputar Kota Tangsel, dan menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris,” tuturnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here