Home TANGERANG HUB Kemarau, Dinas Perikanan Beri Bantuan 10 Pompa

Kemarau, Dinas Perikanan Beri Bantuan 10 Pompa

0
SHARE
SERAHKAN BANTUAN: Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menyerahkan bantuan pompa air kepada petani ikan. FOTO: Dinas Perikanan Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

Tigaraksa – Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, akan memberikan bantuan kepada Unit Pembenihan Rakyat (UPR), sebanyak sepuluh pompanisasi sebagai langkah mengantisipasi minimnya ketersediaan air minum di musim kemarau tahun ini. Hal tersebut juga sebagai salah satu tindakan untuk menekan UPR yang gulung tikar seperti yang terjadi pada tahun-tahun lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan, Pemberdayaan, dan Pembudidaya Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Dwi Retno Susilaningsih mengatakan, musim kemarau yang terjadi setiap tahunnya sangat mempengaruhi produktifitas pembenihan ikan di UPR-UPR yang ada di Kabupaten Tangerang.

Menurut Dwi, sumber air merupakan syarat utama pembenihan mengalami kekeringan. Selain itu kualitas air pada saat musim kemarau juga mengalami penurunan seperti pH (Power of Hydrogen) dan suhu air.

“Sebenarnya untuk alam kita memang susah, kalau sudah musim kering kita sudah tidak bisa apa-apa. Tetapi ditahun ini kita adakan pompanisasi pengairan di UPR, jadi UPR-UPR itu kita kasih pompanisasi untuk mengebor supaya mempermudahkan akses pengairan mereka,” ujarnya, Senin, (8/7).

Dwi menjelaskan, jika pompanisasi tersebut dapat bekerja efektif mengantisipasi kekeringan di musim kemarau tahun ini, pompanisasi tersebut juga akan dapat menjaga ketersediaan air dan kualitas air selama proses budidaya.

“Pompanisasi itu untuk akses airnya pembenihan ikan, karena kita berdasarkan tahun kemarin para UPR itu banyak yang gulung terpal dikarenakan kurangnya air. Di tahun ini kita berikan bantuan itu untuk membantu para UPR-UPR,” jelasnya.(mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here