Home TANGERANG HUB 2020, Dua RSU Baru Ditarget Beroperasi

2020, Dua RSU Baru Ditarget Beroperasi

638
0
SHARE

CIPUTAT-Kota Tangsel bakal menambah rumah sakit (RS). Rencananya, dua RS bertipe C. Saat ini, dua sarana itu tengah dibangun di Pakulonan, Serpong Utara dan Pondok Betung, Pondok Aren.

Untuk pembangunan fisiknya, akhir tahun ditarget selesai. Kemudian, tahun depan akan dianggarkan pengadaan peralatan dan sumber daya manusia (SDM).

“Ditargetkan tahun ini pembangunannya du RSU tipe C ini selesai,” ujarnya
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni kepada Tangerang Ekspres, Rabu (17/7).

Deden menambahkan, untuk anggaran pengadaan peralatan saat ini Dinkes sedang mendata dan merincinya. Bila sudah siap maka akan diajukan anggarannya tahun depan dan akhir 2020 diharap sudah bisa beroperasi.

Selain itu, Dinkes juga masih menghitung SDM yang akan diperlukan untuk RSU tipe C tersebut. “Jumlah SDM yang diperlukan sedang kita hitung, termasuk yang akan ditempatkan di 6 puskesmas yang dibangun tahun ini dan tahun depan,” tambahnya.

Masih menurutnya, tahun ini Puskesmas Cireundeu mulai dibangun plus melanjutkan pekerjaan Puskesmas Pamulang Timur. Sedangkan Puskemas Ciater, Kedaung, Pakunjaya dan Lengkong Karya akan dibangun tahun depan.

Deden menjelaskan, idealnya satu puskesmas memerlukan 50 petugas, baik dokter, perawat maupun tenaga medis lainnya. Sedangkan RSU tipe C memerlukan pegawai dan dokter lebih banyak karena bertugas dalam tiga shiff. “Puskesmas dua shiff, sedangkan RSU tiga shiff jadi butuh lebih banyak,” jelasnya.

Untuk memenuhi SDM yang diperlukan, Deden mengatakan, cara paling mudah adalah merekrut tenaha honorer. Baik itu untuk dokter dan semua tenaga kesehatan. Menurutnya, untuk tahap awal bisa diambil sementara dokter dari puskesmas yang punya memiliki tiga dokter dan lainnya.

“Mudah-mudahan pada waktunya SDM sudah terpenuhi. Sesuai rencana, RSU tipe C ini akan dibangun masing-maising 6 lantai,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here