Beranda TANGERANG HUB Kali Sipon Tercemar Limbah Tempe

Kali Sipon Tercemar Limbah Tempe

0
BERBAGI
MENGHITAM: Air di Kali Sipon, Kecamatan Cipondoh, tampak hitam dan bau menyengat akibat tercemar limbah sampah dan limbah produksi tempe, Rabu (17/7). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Kondisi Kali Sipon di Kecamatan Cipondoh memprihatinkan. Selain dipenuhi sampah, airnya pun hitam pekat dan berbau.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang sudah mendeteksi kali ini tercemar limbah sampah dan limbah tempe.

Menurut Kepala DLH Kota Tangerang Dedi Suhada, di sekitar Kali Sipon banyak tempat pengrajin tempe. Dari hasil laporan tim DLH di lapangan, limbah tersebut dibuang langsung ke kali Sipon.

“Saya sudah mendapatkan informasi dari masyarakat dan tim DLH yang melakukan monitoring, bahwa sepanjang kali Sipon banyak limbah yang dihasilkan dari produksi tempe. Akibat limbah tersebut, kali Sipon menjadi hitam dan bau,”ujarnya saat di temui Tangerang Eskpres, Rabu (17/2).

Dedi menambahkan, selama sebulan ini kali Sipon memang menjadi sorotan. Mulai dari sampah yang menumpuk, hingga pedagang yang berjualan dan sampahnya dibuang ke kali Sipon. Menurutnya, masyarakat harus diberikan edukasi agar bisa menjaga Kali Sipon.

“Masyarakat yang berada di sepanjang Kali Sipon harus diberikan edukasi agar tidak membuang sampah dan juga limbah ke kali. Mereka harus sadar bahwa kali jadi sumber air saat musim kemarau seperti ini,”paparnya.

Dedi menuturkan, kalau dilihat dari laporan yang disampaikan tim DLH, Kali Sipon yang melintasi Kecamatan Cipondoh paling terparah. Karena di lokasi tersebut ada PKL yang berjualan dan membuang sampah sembarangan.

“Terparah memang di wilayah Kecamatan Cipondoh. Walapun sudah dilakukan penertiban oleh Satpol PP dan sudah diberikan edukasi dari kecamatan, para pedagang tetap membuang sampah di Kali Sipon,”ungkapnya.

Dedi berharap, masyarakat sekitar sadar akan kebersihan. Jika dikelola dengan baik, bisa menjadi sumber kehidupan serta tempat yang menarik bagi masyarakat.

“Coba kalau kali Sipon itu bersih kita bisa gunakan airnya, tetapi kalau bau dan kotor seperti itu tidak akan bisa. Mari bersama-sama menjaga Kali Sipon untuk keberlangsungan hidup,”tutupnya.(mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here