Beranda OLAHRAGA Indonesia vs Brunei, Ubah Strategi

Indonesia vs Brunei, Ubah Strategi

0
BERBAGI
Sutan Zico

Tim nasional (Timnas) Indonesia U-18 bakal meladeni Brunei Darussalam pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-18, sore ini.

Ya, laga ini bakal menjadi laga ketiga. Sebelumnya, Indonesia sudah berhasil meraih kemenangan dalam dua laga yang dijalaninya. Berhasil melumpuhkan Filipina dengan skor telak 7-1 dan memukul Timor Leste 4-0. Hasil yang diterima Indonesia itu berbanding terbalik oleh Brunei yang dalam dua laga sebelumnya selalu menelan kekalahan.

Brunei harus mengakui keunggulan Timor Leste 2-7 di laga perdana, dan di pertandingan kedua, tim dari Petro Dolar itu kalah tipis 0-1 atas Laos. Dalam pertandingan yang bakal berlangsung di Stadion Go Dau, Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8) sore ini, David Maulana dan kawan-kawan tidak ingin menganggap remeh Brunei. Sebaliknya, dipastikan skuat Merah Putih akan tetap memberikan penampilan terbaiknya dalam laga tersebut.

“Pantang bagi kami untuk meremehkan calon lawan kami, itu bahaya. Faktanya Brunei bisa mencetak dua gol ke gawang Timor Leste. Mereka tim yang sudah mempersiapkan diri secara matang, bahkan lebih lama dari kami,” tutur pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Jumat (9/8) kemarin. Fakhri menegaskan selalu menekankan kepada anak asuhnya terkait hal tersebut. Bahkan, meminta kepada anak asuhnya untuk tetap menaruh respek kepada Brunei. “Selalu saya katakan dan sampaikan kepada para pemain untuk terus menanamkan rasa respek dengan menghormati calon lawan. Siapapun lawan kami. Jangan minder ketika bertemu lawan kuat. Jangan pula sombong ketika lawan dirasa lemah,” jelas Fakhri.

Terkait persiapan tim, Fakhri menuturkan seluruh pemainnya dalam posisi siap bertanding. Akan tetapi, ia menegaskan bakal melakukan rotasi pemain dan mengubah pola permainan dalam menghadapi Brunei. “Saya akan perhatikan kondisi terakhir pemain. Setelah kemarin bermain agak keras melawan Timor Leste. Tapi, saya sudah sampaikan kepada pemain, saya memiliki 23 pemain dan mereka harus siap untuk diturunkan maupun tidak diturunkan,” tegas Fakhri menandaskan.

Pelajaran yang diberikan Fakhri untuk tetap menaruh respek kepada setiap lawan yang akan dihadapinya ternyata tertanam di dalam benak anak asuhnya. Terbukti, salah satu pemain belakang Rizky Ridho Ramadhani mengakui hal tersebut. “Siapa pun lawan kami, saya dan teman-teman tetap menaruh respek terhadap calon lawan. Kami akan terus bermain lebih baik dari sebelumnya,” tutur Rizky.

Saat ini Indonesia berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-18 2019 dengan raihan enam poin dari dua kemenangannya. Sedangkan, Brunei berada di urutan kelima di atas Filipina dengan tanpa poin dari dua laga. Jelas pertandingan ini, sangat berarti bagi Indonesia yang memiliki asa lolos penyisihan dengan predikat sebagai jawara grup. Hal serupa juga pastinya diinginkan oleh Brunei, meski sudah tidak mungkin lolos sebagai juara grup.

Namun Brunei masih memiliki peluang lolos dengan predikat sebagai runner-up dengan catatan harus bisa mengalahkan Indonesia dan meraih kemenangan di dua laga sisa selanjutnya. Namun sebaliknya, peluang Brunei itu kemungkinan besar akan hilang jika dalam laga ini ia dikalahkan oleh Indonesia. Oleh sebab itu, dua tim ini dipastikan bakal menyajikan pertandingan menarik dalam laga yang digelar pukul 16.00 WIB, sore ini. (gie/fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here