Home BANTEN Pemuda Catang Ajag Aktif Ronda Malam Tanpa Jadwal

Pemuda Catang Ajag Aktif Ronda Malam Tanpa Jadwal

0
SHARE

TUNJUNG TEJA – Pemuda RT 05 RW 001, Kampung Catang Ajag, Desa Bojongcatang, Kecamatan Tunjung Teja, kompak menjaga keamanan lingkungan kampung. Mereka rutin ronda pada malam hingga pagi hari. Padahal, ronda belum terjadwal.

Ketua RT 05 RW 001, Kampung Catang Ajag, M Yusuf menyatakan bahwa keamanan lingkungannya terjaga dengan baik. “Pemuda begadang tiap malam memenuhi pos ronda. Kami dari pihak RT melakukan kontrol di jam tiga malaman,” ujarnya saat berbincang bersama Radar Banten, Senin (2/9).

Pria yang akrab disapa Yusuf itu mengakui, pengurus RT tidak menerapkan jadwal ronda sejak lama. Alasannya, tanpa jadwal ronda malam pun, pemuda yang berjumlah sekira 50-an orang selalu begadang tiap malam di pos kamling.

“Tidak digilir. Pemuda saja yang begadang. Paling di kontrol sama saya,” jelas Yusuf. “Kondisi kampung kita ini (Catang Ajag-red) memanjang sekira tiga kilometer, diapit rel kereta api dan aliran Sungai Ciujung. Kami punya dua pos ronda,” sambungnya.

Dari sisi kebersihan lingkungan, Yusuf menjelaskan, relatif terjaga. Selama ini, warga Catang Ajag rutin membuang sampah di belakang rumah masing-masing, kemudian dibakar. Warga melakukannya lantaran perkampungan ini belum memiliki bak sampah atau tempat pembuangan sementara (TPS).

“Bak sampah tidak ada, hanya pembuangan sampah. Gotong royong lingkungan berjalan, minimal sebulan sekali,” jelasnya. “Di luar jadwal rutin (gotong royong-red), juga tergantung kebutuhan. Kalau musim hujan, tiap minggu membersihkan saluran air,” tambah Yusuf.

Sementara itu, Tokoh pemuda Catang Ajag, Endang Aa, mengakui jika para pemuda di kampungnya tidak hanya aktif menjaga lingkungan. Pemuda Catang Ajag aktif pula pada kegiatan lain seperti sepak bola, bulu tangkis, dan mancing.

“Pemuda hampir tiap malam begadang. Kalau ada tamu masuk kelihatan. Ada pendatang pasti ditegur,” katanya. “Biasa, pemuda rajin ngaliwet bacakan (masak nasi dan makan barsama-red) rutin di kampung kami. Alhamdulillah,” lanjut Endang.

Senada dikatakan oleh Nurjen, staf Pemerintah Desa Bojongcatang. Nurjen yang mendampingi Radar Banten ke Catang Ajag, mengakui jika pemuda yang jumlahnya hampir seperempat dari total warga Catang Ajag, rutin menjaga keamanan dan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan warga. “Iya, pemudanya aktif,” tandasnya. (fdr/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here