Home BANTEN Penghijauan Diusung Kampung Picon

Penghijauan Diusung Kampung Picon

0
SHARE

KRAGILAN – Lingkungan RW 03, Kampung Picon, Desa Undar Andir, Kecamatan Kragilan, bakal disulap menjadi lebih hijau. Tanaman hias dan tanaman bunga dalam pot bakal ditata di tiap pekarangan depan rumah warga. Konsep ini diusung perkampungan tersebut untuk berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Ketua RT 07 RW 03, Kampung Picon, Rohani mengatakan, perkampungan yang ditunjuk Pemerintah Desa Undar Andir untuk mewakili desa memiliki tiga RT. “Ketiga RT itu adalah  RT 07, RT 08, dan RT 09,” katanya kepada Radar Banten, Minggu (1/9).

Rohani mengakui, saat ini, belum tampak pembenahan atau penataan kampungnya untuk mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten yang bekerja sama dengan Korem 064/Maulana Yusuf Serang. Menurutnya, hal itu lantaran belum ada koordinasi antara pengurus RT dan RW dengan Pemerintah Desa Undar Andir.

“Sampai sekarang belum ada musyawarah antarpengurus RT, RW, dan desa. Tapi, kami akan menata lingkungan kampung,” tegas Rohani.

Pengurus RW 03, Kampung Picon, tidak hanya meminta warganya menata tanaman hias atau tanaman bunga di pakarangan rumah. Permintaan ini khusus bagi warga yang rumahnya di pinggir jalan kampung. Pengurus lingkungan di sini juga meminta warganya menjaga kebersihan halaman rumah masing-masing, membersihkan saluran air, dan jalan-jalan lingkungan di depan rumah warga.

“Untuk kebersihan, kita bersama warga akan membersihkan saluran air di depan rumah warga agar bersih dari genangan sampah,” terangnya.

Warga RW 03, Kampung Picon, lanjut Rohani, diminta membuang sampah di tempat-tempat sampah yang sudah disediakan. Warga juga akan dikerahkan untuk bergotong royong membersihkan lingkungan satu kali dalam sepekan.

“Sedangkan untuk keamanan lingkungan, pengurus RT dan warga akan mengadakan kegiatan ronda untuk melindungi warga dan mengamankan warga. Kegiatan penataan kebersihan dan keamanan akan kita lakukan setelah ada musyawarah bersama pengurus RW dan Desa Undar Andir,” pungkas Rohani. (jay/ang/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here