Home BANTEN Punya Modal Juara Lomba Posyandu, BCP Optimistis Jadi Terbaik

Punya Modal Juara Lomba Posyandu, BCP Optimistis Jadi Terbaik

0
SHARE

CIRUAS – Kekompakan dan kreativitas warga RT 36 RW 005, Bumi Ciruas Permai (BCP) 2, Desa Ranjeng, Kecamatan Ciruas, tidak diragukan lagi. Itu dibuktikan dengan prestasinya pada perlombaan Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu (Posyandu). Lingkungan di kompleks perumahan itu disebutkan, setiap tahun selalu menjuarai lomba tersebut, tingkat desa.

Modal itu membuat pengurus lingkungan tersebut optimistis dapat menjuarai Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Selain jumlah rumahnya yang sedikit, warganya juga termasuk kompak. Ada 60 rumah di sini (RT 36 RW 005, BCP2-red),” kata Ketua RW 005, BCP 2, Mahdi, kepada Radar Banten saat berkeliling di lingkungan RT 36 di kompleks perumahan tersebut, Rabu (4/9).

Mahdi menjelaskan, RT 36 bersama RT lain di RW 005, BCP 2, rutin memperoleh penghargaan sebagai lingkungan dengan posyandu terbaik. RW 005 juga diakui pernah meraih juara posyandu terbaik tingkat Kabupaten Serang.

“Di RW kita ada sekitar delapan posyandu. Alhamdulillah, semuanya rutin dapat penghargaan. Ini menunjukkan ibu-ibunya kompak,” ungkap Mahdi.

Pensiunan ASN Kementerian Agama Kabupaten Serang itu juga menyampaikan bahwa RT 36 memiliki petugas kebersihan yang rutin mengangkut sampah. Warga juga rajin membersihkan sampah yang berserakan di lingkungan rumah mereka. Kemudian, dibuang ke bak sampah yang ada di tiap rumah.

“Kalau sampah, bersih. Rutin ada petugas. Kita menyiapkan bak sampahnya saja,” katanya.

Begitu pula dengan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Warga RT 36 RW 005, BCP 2, bergiliran melaksanakan jadwal ronda malam. Sehingga, secara umum, lingkungannya aman.

“Kita juga menempatkan dua petugas malam. Tapi, warga tetap mendapatkan giliran ronda,” terang Mahdi.

Ia berharap, lingkungannya menjadi yang terbaik dalam perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu. Mahdi juga mengharapkan agar kebersihan dan keamanan lingkungan tetap terjaga terus. Tidak hanya pada saat perlombaan.

“Targetnya menang. Menjadi contoh bagi lingkungan lainnya,” tegasnya. “Persiapan kita sudah. Sosialisasi ke RT sudah dilakukan. Pihak kecamatan juga datang ke sini (RW 005, BCP 2-red), memberikan sosialisasi adanya Lomba Kampung Bersih dan Aman,” tambahnya.

Rukoyah, salah seorang warga RT 36, mengakui lingkungannya bersih dan aman. Ia pun mengatakan, ibu-ibu terlibat dalam menjaga kebersihan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus RT. “Harapannya menang. Harus optimistis,” tukasnya. (fdr/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here