Beranda BANTEN Seragam dan Rapi dengan Pagar Bambu

Seragam dan Rapi dengan Pagar Bambu

0
BERBAGI

KRAGILAN – Pengurus lingkungan di RW 03, Kampung Bongas, Desa Tegalmaja, Kecamatan Kragilan, bakal menyeragamkan pagar rumah warganya. Sasarannya, rumah-rumah warga di pinggir jalan yang belum memiliki pagar. Itu dilakukan agar jalanan kampung lebih rapi. Bambu menjadi pilihan untuk bahan pagar.

Menurut Ketua RT 07 RW 03, Kampung Bongas, Mad Kemar, rencana penataan kampung itu sejalan dengan pertimbangan Pemerintah Desa Tegalmaja yang memilih lingkungannya mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019. Salah satunya, susunan rumah-rumah warga di Kampung Bongas yang sudah tertata rapi.

“Di Kampung Bongas, sejak awal masuk gang, rumah-rumahnya tersusun rapi. Apabila rumah tersebut belum dibangun pagar permanen, akan dipasang pagar bambu beraneka warna,” kata Mad Kemar, Rabu (4/9).

Susunan rumah di Bongas mencerminkan kekompakan warganya dalam kegiatan gotong royong. Tradisi itu dilaksanakan seminggu sekali. “Untuk Lomba Kampung Bersih dan Aman, warga (Bongas-red) cukup antusias menjaga kebersihan dengan kegiatan gotong royong, serta penghijauan di halaman rumah mereka masing-masing,” terangnya.

Kegiatan siskamling di Bongas juga berjalan sesuai jadwal. Ronda malam juga melibatkan para pemuda. “Para pemuda di Kampung Bongas juga cukup antusias berpartisipasi di Lomba Kampung Bersih dan Aman,” ujar Mad Kemar.

Senada dikatakan Ketua Pemuda Kampung Bongas Mulyadi. Para pemuda juga akan dikerahkan untuk membantu membersihkan lingkungan kampung. Dalam kegiatan siskamling, menurutnya, yang paling utama adalah para pemuda. Orangtua di Bongas, bersifat sukarela mengikuti kegiatan siskamling.

“Lomba Kampung Bersih dan Aman dianggap positif. Warga tetap bergotong royong secara rutin meski lomba sudah selesai,” katanya. (rio/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here