Home TANGERANG HUB Dinsos Berdayakan Lansia Punya Penghasilan

Dinsos Berdayakan Lansia Punya Penghasilan

0
SHARE
PANEN CABAI: Para Lansia di Kota Tangerang dibina Dinas Sosial dengan keahlian bercocok tanam di lahan kosong. Selain bisa beraktivitas, cara pembinaan ini juga dapat menambah penghasilan para Lansia. FOTO: Humas for Tangerang Ekspres

TANGERANG- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang memberdayakan orangtua lanjut usia (Lansia). Pemberdayaan dengan mengajarkan mereka keahlian untuk mendapat penghasilan. Seperti bercocok tanam, membuat kerajinan  dan juga keahlian lain yang bisa menghasilkan.

Plt Kepala Dinsos Kota Tangerang Suli Rosadi mengatakan, seluruh Lansia yang berada di Dinsos diajarkan bercocok tanam, membuat kerajinan dan juga keahlian lain yang mereka mampu.

“Hasil dari kerajinan bisa mereka nikmati, misalnya yang paling sering adalah bercocok tanam. Hasil tanam yang mereka kerjakan bisa dibeli oleh orang lain. Kita hanya memberikan fasilitas kepada mereka agar mempunyai karakter yang kuat dimasa tuanya,”ujarnya saat ditemui Tangerang Ekspres di ruang kerjanya, Senin (9/9).

Suli menambahkan, seluruh Lansia yang ditangani Dinsos merupakan Lansia yang telantar. Mereka ditemukan yang selanjutnya dirawat dan diberdayakan untuk bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari keahlian yang telah diberikan.

Untuk jumlah yang ada di Dinsos sebanyak 28 orang dengan rincian 10 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Lansia ini adalah lansia yang telantar di jalan lalu dibawa oleh petugas. Selanjutnya mereka mendapatkan fasilitas. Mulai dari screening atau assessment dan mendapatkan banyak pendampingan sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here