Home BANTEN Ekonomi Kreatif Memotivasi Warga Lebakpulus Jaga Kebersihan

Ekonomi Kreatif Memotivasi Warga Lebakpulus Jaga Kebersihan

0
SHARE

KRAMATWATU  Warga RW 01, Kampung Lebakpulus, termotivasi oleh industri rumahan di kampungnya. Mereka menjaga kebersihan lingkungannya karena menjadi penunjang ekonomi kreatif pengolahan emping melinjo di salah satu kampung di Desa Lebakwana, Kecamatan Kramatwatu ini.

Lebakpulus ditunjuk Pemerintah Desa Lebakwana mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019, karena menjadi salah satu daerah penghasil emping melinjo di Kabupaten Serang. Bermacam penganan dari emping melinjo di kampung ini, dipasarkan hingga ke luar Kabupaten Serang melalui Koperasi Subur Makmur.

“Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 dijadikan momentum oleh pihak Desa Lebakwana dan pengelola koperasi untuk menjadikan Lebakpulus menjadi lingkungan yang bersih. Kalau kampungnya bersih, maka olahan empingnya juga dijamin kebersihannya,” ungkap Sekretaris Desa Lebakwana Mulyadi kepada Radar Banten, Senin (16/9).

Gotong royong warga Lebakpulus membersihkan kampungnya, menurut Mulyadi, telah rutin dilaksanakan warga sebelum kampungnya ditunjuk mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu. “Untuk menjadikan lingkungan bersih, beberapa kegiatan sudah dilakukan sebelum ada Lomba Kampung Bersih dan Aman. Di antaranya, gotong royong satu minggu sekali, pembuangan sampah di belakang rumah masing-masing dengan cara dibakar,” terangnya. Namun, dengan lomba dengan total hadiah Rp900 juta ini, kegiatan warga membersihkan dan menjaga keamanan lingkungan meningkat.

Mulyadi mengaku, antisipasi warga lain membuang sampah di lingkungan Lebakwana juga dilakukan warga, pengurus lingkungan, dan Pemerintah Desa Lebakwana. Yakni, dengan memasang spanduk bertuliskan pelarangan pembuangan sampah. Selain memasang spanduk larangan membuang sampah sembarangan di lahan kosong dan pagar beberapa rumah warga. Ini dilakukan karena Lebakpulus berada di jalur lintasan antara Kecamatan Kramatwatu dan Kecamatan Waringinkurung. “Agar lingkungan Lebakwana bersih dari kotoran sampah,” tandas Mulyadi.

Di Lebakwana, jelas Mulyadi, ada satu rumah milik warganya yang menjadi percontohan. Rumah itu disebut rumah sehat, karena halamannya dimanfaatkan untuk menanam sayur dan tanaman obat.

Siskamling di kampung ini, diklaim, efektif. Keamanan di Lebakpulus, menurut Mulyadi, tak bisa lepas dari peran bhabinkamtibmas dan babinsa di Kecamatan Kramatwatu yang ikut patroli setiap malam. “Termasuk peran dari sekuriti di perumahan-perumahan yang ada di Lebakpulus,” sambungnya.

Kholisah, pengurus Koperasi Subur Makmur, menyatakan kesiapannya menyukseskan Lebakpulus dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman. Kebersihan kampung, kata dia, diawali dengan komitmen warga menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing.

“Dengan lomba ini, diharapkan warga Kampung Lebakpulus bisa menjaga kebersihan. Jika lingkungannya bersih, warganya juga akan terjaga kesehatannya,” ujar Kholisah yang juga Bendahara PKK Desa Lebakwana. (jay/ang/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here