Home TANGERANG HUB BNN Tes Urine Pegawai Dukcapil

BNN Tes Urine Pegawai Dukcapil

0
SHARE
PERIKSA URINE: Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan (kanan) didampingi Kepala Seksi Rehabiltasi pada BNN Kota Tangsel Vinna Taurina (tengah) menunjukkan urine yang telah diperiksa oleh BNN Kota Tangsel, Kamis (19/9). FOTO: Disdukcapil for Tangerang Ekspres

SERPONG-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangsel melakukan tes urine kepada pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangsel, Kamis (19/9). Pemeriksaan juga dilakukan kepala Kepada Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan.

Kepala Seksi Rehabilitasi pada BNN Kota Tangsel Vinna Taurina mengatakan, pemeriksaan dilakukan dalam rangka pencegahan dan pemberdayaan masyarakat. “Tes urine oleh BNN ini sebagai komitmen kita dalam mencegah penyalahgunaan narkotika,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (19/9).

Vinna menambahkan, dalam pemeriksaan urine hasilnya langsung keluar atau diketahui. Tidak sampai satu menit hasilnya sudah ada, apakah positif atau negatif. “Alhamdullillah dari 82 pegawai yang kita periksa tidak ada yang positif alis negatif semua,” tambahnya.

Masih menurutnya, Dukcapil merupakan dinas pertama yang pegawaianya diperiksa urinenya. Sebelum pemeriksaan, BNN menawarkan terlebih dahulu kepada Dukcapil dan disambut baik dan ini dadakan.

“Setelah ini kita akan melakukan tes urine kepada OPD lainnya. Ini dilakukan semata-mata untul pemberantasan penyalahgunaan narkotika,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, pemeriksaan urine dilakukan mulai pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. “Dari 82 pegawai yang diperiksa urinenya alhamdullillah semuanya negatif,” ujarnya.

Budiawan menambahkan, menerima tawaran pemeriksaan urine dari BNN karena ingin membuktikan dan memperlihatkan kepada masyarakat bila OPD yang dipimpinnya bersih dari penyalahgunaan narkotika. Kita semangat kerja, boleh lembur namun, tidak harus pakai doping atau macam-macam obat.

“Saya berharap pemeriksaan seperti ini rutin dilakukan, setidaknya satu tahun dua kali. Kita juga bangga karena Dukcapil adalah OPD pertama yang pegawainya di tes urine,” jelasnya.

Masih menurutnya, tes urine dilakukan bergantian terhadap pegawai disela-sela kesibukannya melayani masyarakat. “Sekali lagi, pemeriksaan urine ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar ASN di Dukcapil tidak ikut masuk dalam jaringan narkotika,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here