Home NASIONAL Korlantas Polri Resmi Luncurkan Smart SIM

Korlantas Polri Resmi Luncurkan Smart SIM

0
SHARE
Smart SIM: Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati (ketiga kiri) berbincang dengan Kapolda Maluku yang juga mantan Kakorlantas Irjen Pol Royke Lumowa (ketiga kanan) saat menunjukkan "mock up" Smart SIM pada peluncurannya di Gedung Basket Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). FOTO: Antara/Indrianto Eko Suwarso/ama.

JAKARTA — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pintar atau Smart SIM pada Ahad (22/9). Peluncuran Smart SIM ini akan dilanjutkan dengan pengembangan-pengembangan berikutnya.

“Tentu setelah launching ini kita melihat perkembangan-perkembangan apa yang bisa kita implementasikan,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri di Jakarta, Ahad (22/9).

Refdi menjelaskan, Korlantas akan melakukan evaluasi pascapeluncuran Smart SIM Ini. Selama tiga hari setelah peluncuran, Korlantas akan berupaya mendengarkan masukan masyarakat.

Refdi menyebut, ada beberapa item penting yang menjadi fitur Smart SIM. Keunggulan yang paling utama, kata Refdi, yakni kepolisian dapat mencatat perilaku pengemudi. “Ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalin itu tercatat pada chip pada kartu sim itu dan juga tercatat pada server kita,” kata dia.

Lebih lanjut, Smart SIM juga memudahkan pengemudi dalam membayar denda tilang melalui sistem uang elektronik. Korlantas bekerja sama dengan sejumlah bank besar seperti BNI, BRI, Mandiri dengan dukungan Bank Indonesia (BI). Refdi menjelaskan, Smart SIM juga bakal memudahkan polisi dalam melakukan penindakan hukum di lapangan. Polisi akan lebih mudah mengidentifikasi pelanggaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here