Home BANTEN Sentuhan Seni di Yudha Asri

Sentuhan Seni di Yudha Asri

0
SHARE

BANDUNG – Penataan lingkungan Kampung Yusha Asri, Desa Mander, Kecamatan Bandung, terlihat berbeda dengan kampung lain. Ada sentuhan seni di kampung yang ditunjuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Salah satu tokoh masyarakat Yudha Asri, Nurmuhyi, mengakui bahwa menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan tak hanya menjadi tugas aparatur pemerintah semata. Semua lapisan masyarakat juga punya tanggung jawab itu. Hal ini disadari oleh warga RT 01 RW 001, Kampung Yudha Asri, yang akan mewakili Desa Mander dalam mempersiapkan Lomba Kampung Bersih dan Aman.

Nurmuhyi mengaku, pihaknya baru membersihkan sampah di sekitar taman sanggar yang merupakan bagian dari kampung. “Persiapan baru bersih-bersih jalan. Kebetulan mau ada kegiatan lomba, itu (bersih-bersih jalan-red) sudah berjalan tiap Minggu,” ujarnya kepada Radar Banten pada Senin (16/9).

Pemilik Sanggar Bedug Yudha ini mengakui jika penunjukkan kampungnya oleh Pemerintah Desa Mander, karena penataan Yudha Asri berbeda dengan kampung lain. “Kita memiliki tangga-tangga yang dijadikan tempat nongkrong, termasuk penataan jalan lingkungan,” ujarnya.

Di kampung ini, ada beberapa taman kampung. Posyandu Alpukat misalnya, memiliki halaman yang dibuat bak taman. Di tempat lain, almarhum orangtua Nurmuhyi pun ikut mewariskan sebuah taman kampung.

Nurmuhyi juga menjelaskan, untuk penempatan bak sampah, masih di lokasi tertentu. Belum merata di tiap rumah warga.

Sementara, soal keamanan lingkungan, tiap malam warga rutin menjalankan ronda sesuai jadwal yang ditetapkan. “Insya Allah, kalau untuk Lomba Kampung Bersih dan Aman, kita maksimalkan,” tukas pria yang akrab disapa Uwi itu.

Staf Pemerintah Desa Mander Armad menambahkan, penunjukan Yudha Asri sebagai perwakilan desa pada perlombaan itu, karena warganya masih kompak merawat tradisi gotong royong. “Karena di kampung ini, masyarakatnya rajin. Masih mendengar pada tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Pemerintah Desa Mander, lanjut Armad, berusaha menjawab kebutuhan warga Yudha Asri. Pemerintah desa telah menyiapkan bak sampah untuk warga Yudha Asri. “Bak sampah, ke depan disiapkan. Pihak desa koordinasi dengan RT, RW, dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan kegiatan ini,” pungkas Armad. (fdr/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here