Home BANTEN Pagar Bambu dan Pot Bunga di Kampung Buah

Pagar Bambu dan Pot Bunga di Kampung Buah

0
SHARE

JAWILAN – Pemerintah Desa Majasari, Kecamatan Jawilan bergegas menata dan memperindah lingkungan Kampung Buah, RW 03 dengan pemasangan pagar bambu di sepanjang jalan kampung dan memasang pot-pot bunga.

Radar Banten yang mengunjungi RW 03, Kampung Buah, Senin (23/9), disambut sejumlah warga yang sedang gotong royong membuat pagar bambu. Sebagian pagar sudah terpasang, beberapa tanaman pun tumbuh di depan pekarangan rumah warga. Selain itu, di kampung yang dihuni 300 penduduk dari sekira 100 kepala keluarga (KK) ini jarang terlihat sampah plastik, kondisi selokan pun tertata dan bersih.

Kepala Desa Majasari Suherman Pratama Mulya mengaku sudah menyosialisasikan lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 sejak Agustus lalu. Pihaknya bahkan sudah beberapa kali melaksanakan musyawarah bersama warga dan tokoh masyarakat terkait perencanaan konsep pada lomba kebersihan dan keamaan kampung ini. “Keputusannya kita bakal membuat pagar bambu dan pot bunga,” kata Suherman kepada Radar Banten.

Warga swadaya menyumbangkan batang bambu dari kebun untuk membuat pagar. Setelah itu pagar dicat merah putih, lalu dipasang di jalan kampung sepanjang 500 meter. Selain itu, pupuk tanaman bunga akan disediakan dari Pemerintah Desa Majasari. “Kita mulai berbenahnya sejak dua hari lalu,” katanya.

Warga termasuk ibu-ibu dan pemuda bergotong royong membersihkan lingkungan rumput liar di bahu jalan dan selokan. Selasa (24/9) besok akan memasang pot-pot bunga, selanjutnya warga akan membuat tempat pembuangan sampah (TPS). “Pelan-pelan kita persiapkan, supaya kampung Buah jadi bersih dan warganya sehat,” ungkap Suherman.

Namun Suherman mengakui jika Kampung Buah belum bisa memenuhi empat persyaratan lomba Kampung Bersih dan Aman 2019. Setiap RW harus memiliki TPS, sistem keamanan lingkungan (Siskamling), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kita baru punya siskamling dengan tiga pos ronda,” katanya.

Ketua RW 03, Harjo menambahkan, warga sangat aktif dan kompak melaksanakan kegiatan jaga malam. Meski di Kampung Buah sudah mulai dihuni oleh pendatang yang bekerja di pabrik, namun keamanan masih kondusif dan belum pernah ada kasus kriminal. “Di sini masih kompak banget, yakin optimis jadi juara kampung paling bersih dan aman,” katanya. (mg06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here