Home BANTEN Drum Bekas Lengkapi Sarana Pengelolaan Sampah di Harendong

Drum Bekas Lengkapi Sarana Pengelolaan Sampah di Harendong

0
SHARE

JAWILAN – Pengurus RW 04, Kampung Harendong, sedang melengkapi sarana pengelolaan sampah di kampungnya. Ada 10 tong sampah dari drum bekas yang akan disebar di sejumlah titik di perkampungan di Desa Pagintungan, Kecamatan Jawilan ini. Drum-drum bekas itu sumbangan dari anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Jawilan.

“Setelah tong sampah selesai dicat, bakal kita sebar ke rumah-rumah warga,” kata Kepala RW 04, Kampung Harendong, Suganda kepada Radar Banten, Minggu (22/9).

Suganda mengaku, sejak Agustus lalu, pihaknya sudah mempersiapkan lingkungannya untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Warga sudah membangun gapura dan pagar di sejumlah rumah warga.

Pengurus lingkungan di Harendong, lanjut Suganda, juga sudah meminta warga agar menanam tanaman hias di pekarangan rumah. Tujuannya, agar lingkungan Harendong menjadi hijau dan menjadi asri. Pasalnya, Harendong yang berada di kawasan industri, cukup gersang.

“Di sini (Harendong-red), banyak pabrik, jadi hawanya panas. Tapi kalau banyak tanaman kan bisa sedikit sejuk,” ujarnya.

Kekompakan dan semangat warga Harendong membuat persiapan lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu menjadi semarak. Setiap rencana kegiatan gotong royong diumumkan, warga antusias dan bahu-membahu membersihkan dan menata lingkungan mereka.

Alhamdulillah, berkat bantuan babinsa dan bhabinkamtibmas juga, warga Kampung Harendong pada kompak,” ungkap Suganda. RW 04, Kampung Harendong, disebutkan memiliki jumlah warga 500 jiwa dari 200 kepala keluarga (KK). Mayoritas bekerja sebagai buruh pabrik.

Suganda mengakui, lingkungannya belum bisa memenuhi empat persyaratan Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019. Yakni, selain harus memiliki tempat pembuangan sampah (TPS), setiap RW juga harus memiliki sistem keamanan lingkungan (siskamling), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Di kami (RW 04, Kampung Harendong-red), baru ada siskamling dan tong sampah,“ akunya.

Menanggapi itu, Ketua RT 12 RW 04, Kampung Harendong, Supri memastikan bahwa pihaknya, bersama pengurus RW dan Ketua Pemuda Kampung Harendong akan melengkapi keempat persyaratan lomba tersebut. “Secepatnya kita urus,” tegasnya.

Supri menjamin, keamanan lingkungan di Harendong sangat kondusif. Belum pernah ada kejadian kriminalitas. Hal itu karena setiap malam, pemuda dan warga rutin berjaga di pos ronda. “Kalau sudah jaga, bisa sampai pagi enggak tidur,” ungkapnya. (mg06/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here