Beranda BANTEN Warga Gardu Aktif Bersih-bersih dan Ronda Malam

Warga Gardu Aktif Bersih-bersih dan Ronda Malam

0
BERBAGI

KIBIN –Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Pemerintah Desa Tambak Mahifal menyatakan bahwa penunjukan RW 01, Kampung Gardu, mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019 bukan tanpa alasan. Dari survei yang dilakukan pihak desa, warga lingkungan ini sangat aktif bergotong royong membersihkan lingkungannya. Demikian pula dalam menjaga keamanan Kampung Gardu. “Pihak desa akhirnya menunjuk Kampung Gardu, karena kinerja kampung tersebut dalam kegiatan kebersihan sangat aktif. Selain itu, kegiatan siskamling di kampung ini pun sudah berjalan dengan baik,” kata Mahifal kepada Radar Banten, Senin (23/9).

Mahifal berharap, perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu bisa membuat warga Gardu lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Kami berharap, dengan lomba ini, warga menjadi terbiasa dalam menjaga lingkungan kampung,” tegasnya.

Ketua RT 06 RW 01, Kampung Gardu, Solihin membenarkan jika bersih-bersih kampung telah rutin dilakukan warganya. Setiap hari, warga selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing dan jalan utama kampung.

Satu bulan sekali, pengurus lingkungan dan warga Gardu juga rutin mengecek selokan di pinggir jalan utama Kampung Gardu. Warga tak ingin selokannya tersumbat sampah dan memicu banjir ketika musim hujan.

“Pengecekan rutin kita lakukan untuk menghindari banjir di Kampung Gardu yang letaknya bersebelahan dengan Nikomas ini,” ujarnya. “Meski tidak rutin kerja bakti, kesadaran akan pentingnya kebersihan membuat warga setiap hari sukarela membersihkan jalan utama kampung. Kampung Gardu selalu bersih,” tambah Solihin.

Solihin menambahkan, dari sisi keamanan, warga Gardu juga rutin melaksanakan kegiatan siskamling. Setiap malam, warga ronda sesuai jadwal. (rio/ang/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here