Home BANTEN Tanaman Sayur untuk Biyuku Asri

Tanaman Sayur untuk Biyuku Asri

0
SHARE

BINUANG – Lingkungan Kampung Biyuku diakui cukup gersang. Karenanya, Pemerintah Desa Warakas, Kecamatan Binuang, meminta warga kampung ini menanam bermacam tanaman sayur di pekarangan rumahnya. Upaya pemerintah desa membuat lingkungan Biyuku asri.

Kepala Desa Warakas Ahmad Yamin mengungkapkan hal itu. Ia mengatakan, pertimbangannya memilih RW 04, Kampung Biyuku, mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019 karena rumah-rumah warganya tertata rapi. Berbeda dengan kampung lain di Warakas. Biyuku memiliki 100 kepala keluarga.

“Kekurangan Kampung Biyuku adalah lingkungannya belum asri, terutama halaman rumah warganya, belum hijau. Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan beberapa jenis sayuran untuk dibagikan ke warga kampung tersebut,” kata Ahmad Yamin kepada Radar Banten, Selasa (24/9).

Tanaman sayur yang sudah disiapkan Pemerintah Desa Warakas, antara lain, terong, cabai keriting, cabai rawit, dan tomat.

“Alasan kami memilih tanaman jenis sayuran adalah agar ketika berbuah, bisa dikonsumsi oleh warga,” terangnya seraya menambahkan, warga Biyuku juga didorong untuk rajin membersihkan halaman rumahnya serta rutin melakukan gotong royong membersihkan lingkungan kampung mereka.

Ketua RT 02 RW 04, Kampung Biyuku, Sarnata menjelaskan bahwa persiapan warganya menghadapi Lomba Kampung bersih dan Aman adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan dan saluran air. Warga melakukannya ketika bergotong royong sebulan sekali.

Untuk dari sisi keamanan, kegiatan siskamling juga telah menjadi rutinitas warga Biyuku setiap malam. “Jumlah pos ronda di lingkungan kami ada empat. Jadwal siskamling dilakukan setiap hari dan terkadang diramaikan oleh warga yang secara sukarela ikut siskamling,” urai Sarnata. (jay/ang/don)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here