Home TANGERANG HUB 60 Sapi Ikuti Kontes Hewan Ternak

60 Sapi Ikuti Kontes Hewan Ternak

0
SHARE
PENILAIAN: Juri kontes hewan ternak yang diselenggarakan Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, melakukan penilaian kepada sapi milik peserta. FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, keempat kalinya mengadakan kontes hewan ternak yang diikuti 60 peserta. Kegiatan tersebut dalam rangka untuk memberikan sebuah bimbingan, pendampingan kepada para peternak yang berada di daerah Kabupaten Tangerang, Kamis (26/9).

Penyebaran peternak sapi yang cukup baik dan banyak, dari pembibitan, dari inseminasi buatan menjadi alasan Kecamatan Tigaraksa sebagai tempat diadakannya kontes ini. Hal itu disampaikan langsung oleh Azis Gunawan, Kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang.

“Kecamatan Tigaraksa merupakan salah satu kantung dimana penyebaran peternak sapi cukup baik dan banyak. Dari pembibitan, dari inseminasi buatan dan dipilih yang terbaik pejantan dan betinanya,” ujar Azis Gunawan.

Sebanyak 60 sapi lokal yang dijadikan sebagai kontestan ini merupakan sapi hasil silangan dari berbagai daerah di Indonesia. Saat pemilihannya sapi-sapi ini pun harus sesuai dengan umur dan bobot berat badan hewan itu.

“Sapi yang mengikuti kontes ini merupakan sapi lokal hasil dari persilangan perkawinan antar daerah di Indonesia. Dan kita pilih umurnya sesuai dengan standar dan bobot berat badan, serta untuk perlakuan pakan ternakpun, kita mencari jitunya para peternak,” tutur Azis Gunawan.

Dalam kesempatan itu Azis berharap, semoga kedepannya terpilihnya sapi kontes silang ini, dapat menaikan tingkat ekonomi masyarakat dan pendapatan keluarga. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here