Home TANGERANG HUB Angkat Mutu PAUD Diberi Supervisi

Angkat Mutu PAUD Diberi Supervisi

0
SHARE
FOTO BERSAMA: Para pengelola TK dan PAUD Kota Tangsel foto bersama usai pembukaan acara supervisi mutu satuan PAUD di aula Balai Kota Tangsel, kemarin.

CIPUTAT-Guna meningkatkan mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel menggelar supervisi satuan PAUD. Acara digelar di gedung Balai Kota, kemarin.

Dalam acara itu, para pengelola PAUD diberikan pemahaman tentang pentingnya meningkatkan mutu. Dengan mutu yang tinggi maka, akreditasi satuan PAUD akan meningkat juga.

“Ini salah satunya untuk pemenuhan delapan standar mutu pendidikan, untuk meningkatkan jenjang akreditasi dan mutu,” kata Rudi Irawan, Kasi Sarpras Kelembagaan PAUD Nonformal pada Dindikbud Tangsel, di sela-sela acara, kemarin.

Delapan standar mutu pendidikan itu seperti, sarana dan prasarana sekolah. Meski pendidikan anak usia dini masuk kategori nonformal, tetap harus memiliki sarana yang memadai. Kemudian juga kurikulum. Bagaimana PAUD dan TK memiliki kurikulum yang berstandar.

“Standar pendidikan itu sarpras, kurilulum dan pokoknya segala macam kelengkapan. Jika melengkapi semua standar itu maka, akreditasinya bisa dimajukan,” ujarnya.

Saat ini, TK dan PAUD di Kota Tangsel ada 6 yang mutunya sudah di atas rata-rata keenam TK itulah kemudian yang menjadi TK Pembina untuk membina 523 PAUD dan TK se-Kota Tangsel. “Untuk akreditas setengahnya dari jumlah itu sudah terakreditasi,” tutur Rudi.

Disoal mengenai akreditasi PAUD dan TK lain yang belum, Rudi mengatakan tidak bisa asal mengajukan. Sebab, untuk akreditasi ada jenjang, kuota dan prsedur lain. Termasuk, peningkatan pemahaman di kalangan pengelola PAUD dan TK di Kota Tangsel. “Kita peningkatan dulu, baru akreditasi. Supervisi utk peningkatan mutu. Setelah disupervisi nanti diajukan untuk disupervisi,” jelasnya.

Saat ini, kuota untuk peningkatan akreditasi dari balai ada 68 PAUD se-Tangsel, untuk wilayah lain beda lagi. “Akreditasi dilakukan setelah ini, cuma lihat dari kuota BAN. Dengan ini kita juga membantu provinsi dalam hal pemenuhan akreditasu,” kata Rudi. (mol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here